Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, meteopuncaknews.com —Longsor di Km 109+000  tepatnya di Kampung Pos Desa Sukanagara Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur Jawa Barat, menjadi tontonan warga, Jum’at (10/4). Petugas sudah berusaha mengingatkan warga untuk menjauh, sekaligus mengimbau pulang mengingat sekarang lagi rentan viruscorona atau covid-19.

Imas (40), warga Kampung Pos Desa Sukanagara mengaku, sengaja datang untuk melihat eskapator bekerja mengevakuasi longsoran tanah dari badan jalan.

” Saya ingin melihat apa penyebab sebenarnya, kemarin saya baru pulang dari kota. Karena ada covid-19. saya libur dan belum tahu kapan akan ke kota lagi,” ujarnya kepada wartawan saat ditanya di lokasi longsor, Jum’at (10/4).

Hal senada dikatakan Riska (20). Dia mengaku tidak berangkat kerja karena alasan serupa. Dia bekerja di perusahan sepatu yang ada di Sukabumi. Karena diliburkan, dia memilih melihat lokasi longsor.

” Ya karena ada pandemi corona,  perusahan liburkan karyawan dengan waktu yang tidak ditentukan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, Kamis (9/4) sore. Akibat kejadian itu, arus lalu lintas dari Cianjur menuju Sindang Barang dan sebaliknya terputus karena tertutup material longsoran.

Respon cepat, Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat wilayah Cianjur Satu sebelumnya menurunkan dua alat berat. Yakni berupa beckhoe, dan loder untuk membantu proses evakuasi material longsor di Jalan Nasional Km 109+000.

“ Ya, guna mempercepat evakuasi. Kita terjunkan dua alat besar dan 4 damtruk. Bahkan sekasang kita tambah lagi satu alat berat. Total jadi 2 beckhoe, 1 loder, dan 4 damtruk,” ujar Wawan Kurniawan Pengawas jalan wilayah Cjr 1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here