Laporan : Shandi/Iryanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Danramil 08-11/Bojongpicung Kapten Inf Suhardi mewakili Dandim 0608/Cianjur Letkol Czi Hidayati, mengawal kegiatan serah terima bantuan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kampung Poklan, Desa Haurwangi, Kec. Haurwangi, Cianjur,Sabtu (26/01).

Pada kesempatan itu, Danramil 0811/Bojongpicung mengatakan, lewat penyerahan bantuan tersebut, diharapkan masyarakat yang mempunyai unit produksi usaha. “ Juga mampu meminimalisir dampak limbahnya terhadap lingkungan,” kata dia.

Hadir pada kegiatan itu, Anggota DPR RI Komisi VII yang membidangi Energi dan Lingkungan Hidup H. Joko Purwanto, Dirjen pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dari Kementeriann Lingkungan Hidup (KLH) Heri Handani, Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman, Kapolsek Haurwangi AKP Muhamad Nur, Camat Haurwangi Iwan Haryadi, Ketua BAZ H Yosef, beserta masyarakat kurang lebih sebanyak 200 orang.

Dalam sambutannya Joko Purwanto mengatakan, mudah-mudah kebersaman ini bisa berkelanjutan. Karena dirinya punya tanggung jawab moral terhadap orang Cianjur. Karena kepecayaan orang Cianjurlah, maka ia bisa menjadi anggota DPR RI seperti sekarang ini.

“Anggota DPR mempunyai tiga fungsi legislatif, yaitu bagaimana membuat aturan pemberdayaan masyarakat Indonesia bisa hidup teratur dengan aturan yang ada, fungsi bagaimana penganggaran dengan menteri-menteri atau Kementrian mitra terakhir yang setelah itu di ketuk palu, dan melakukan kontrol,” ucapnya.

Lanjutnya, sebagai pembelajaran demokrasi, ada  yang memasang baliho DPR pakai slogan ‘kalau saya menang STNK dan BPKB gratis’. Itu tidak benar, karena itu tidak ada anggranya. Jadi jangan sampai katakan janji yang muluk-muluk. Begitu sudah jadi, nggak ada realisasinya.

Kemudian, untuk Ipal pabrik tahu di Cianjur terdapat 5 lokasi yang dibiayai oleh anggaran pemerintah. “ Maka dari itu saya minta tolong agar alat tersebut dapat dijaga, sehingga dapat ditingkatkan kembali dan dapat di manfaatkan oleh masyarakat,” pesan Joko.

Sementara saat ditemui awak media, Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman, sangat mengapresiasi adanya program tersebut. 

” Ini sangat luar biasa karena yang biasanya dari limbah ini dibuang begitu saja ke sungai Citarum, sekarang ada pengolahan Ipal dan hasilnya bisa dimanfaatkan menjadi biogas untuk gas di rumah-rumah masyarakat,” ujarnya.

Herman juga berharap, CSR-nya, mengarah seperti ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here