Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Tebing yang ada di pinggir jalan raya Provinsi yang biasa disebut jalan lama, tepatnya di Kampung Muhara RT 01 /10 Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, longsor, Kamis (5/2-2021) sekira pukul 22.15 WIB. Akibat kejadian tersebut, longsor menutupi akses jalan hingga arus lalin sempat macet. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut..

Selama PUPR Provinsi yang dibantu TNI, Polri, perangkat desa dan masyarakat setempat, mengevakwasi material longsor. Seperti tanah, batu dan puluhan pohon. Sementara arus lalu lintas dialihkan kejalan raya Eks Tol Haurwangi – Rajamandla.

Trantib Desa Haurwangi Iwan Setiawan (50) mengatakan, terjadinya longsor tebing dipingir jalan lama Kampung Muhara tersebut, terjadi pada malam hari. Diduga kuat, longsor tersebut terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan Haurwangi.

Pada Jumat pagi, baru pihak PU Binamarga Provinsi yang Kantor perwakilannya di Tungturunan Kecamatan Sukaluyu, langsung melakukan evakwasi material longsor yang menutupi jalan. “ Kini masih masih banyak matrial bekas longsor yang belum sempurna di evakuasi, sepeti pohon kayu jati yang masih nyelip diantara bebatuan,” kata Iwan.

Sementara itu, Babinsa Desa Haurwangi Serda Haryadi didampingi pengamat jalan raya Haurwangi – Rajamandala dari PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Kusyana (50) menambahkan,  dengan terjadinya longsor tebing dipinggir jalan raya PU milik Provinsi. Pihaknya dibantu TNI, Polri, perangkat desa dan masyarakat setempat, telah mengevakuasi berbagai macam material longsor. Seperti tanah, batu dan puluhan pohon keras dengan menggunakan alat berat. Seluruh material longsor, dibuang pada tempat yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Nahun evakuasi matrial tersebut, tidak tuntas seluruhnya hari itu. Karena waktu tidak memungkinkan. Tapi arus lalin sudah lancar. Untuk mengevakuasi matrial yang masih tersisa. mungkin besok pagi (Sabtu, 6/2/2021) akan diteruskan kembali.

“ Kami mengucapkan terima kasih pada seluaruh pemerintahan Desa Haurwangi beserta masyarakat yang telah ikut andil membantu mengevakuasi material longsoran tebing,” ujar Serda Haryadi .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here