Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi di Naringgul Cianjur Selatan Jawa barat, beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan tebing hijau di tanjakan Mala di Kampung Cibodas RT 02/08, Desa Naringgul, perlahan mulai ambruk.

Tebing yang biasa dijadikan tempat berselfi ria (swafoto) oleh para pengguna jalan, kini jadi menyeramkan. Pasalnya sebagian tebing mulai ambruk akibat longsor. Batu besar yang menempel ditebing berketinggian kurang lebih 12 meter yang ditutupi kawat baja penahan longsoran pun ambrol tidak kuat menahan beban.

Menyikapi hal itu, Anggota TNI-POLRI pun terjun langsung mengatur laju lalu lintas di lokasi longsoran.

Menurut keterangan warga, tebing hijau di tanjakan Mala itu, mulai longsor sejak Minggu (12/01), kurang lebih sekira pukul 05.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

” Longsor terjadi sejak hari Minggu kemarin subuh, terus menjelang siangnya kembali terjadi longsor susulan. Saat kejadian tidak terdengar suara apapun atau gemuruh di lokasi tanjakan Mala tebing hijau, biasanya kalau ada longsor kan suka terdengar suara gemuruh. Apa mungkin karena ada kawat peredam yang menempel ditebing,” ujar Jai (40) warga sekitar lokasi kejadian.

Sembari menunggu kedatangan pihak PU Bina Marga, masyarakat bersama TNI-POLRI, mengevakuasi material-material longsoran yang menutupi badan jalan.

Sementara, Kepala PPK PJN 2 Jabar Suparman ST, MT menjelaskan, dirinya mendapat laporan dari masyarakat yang menginformasikan adanya longsor di lokasi tanjakan Mala tebing hijau. Informasi itu diterimana tadi pagi sekira pukul 09.00 WIB.

” Upaya yang kami lakukan, menerjunkan tim ke lokasi dan menyiapkan alat berat untuk mengevakuasi. Beruntung badan jalan tidak tertutup semua, sehingga kendaraan pun masih bisa lewat,” terangnya saat dihubungi melalui telepon sellular.

Pihak PPK PJN 2 Jabar mengimbau, kepada para pengguna jalan, untuk berhati-hati saat melintasi jalur Nasional Naringgul-Cidaun. “ Karena di musim penghujan ini biasanya rawan longsor,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here