Tanjakan Cikoronjo Jalan Provinsi Lintas Cianjur Selatan Rawan Kecelakaan

0
48
Kerap terbalik, tanjakan Cikoronjo sering terjadi kecelakaan, terutama truk yang bermuatan berat / photo Apip

Laporan : Sam Apip

Editor : Yanto Hidayat

Cianjur, metropuncaknews.com – Tanjakan di jalan lintas Cianjur Selatan atau jalan milik Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kampung Cikoronjo Desa Margaluyu Kecamatan Tanggeng Kabupaten Cianjur, rawan kecelakaan lalulintas, seperti hari Rabu (14/11/22), truk bermuatan asbes mundur hingga terjungkal dan Jumat (18/11/22) masih truk bermuatan pasir mengalami hal yang sama.

Rawannya kecelakaan lalulintas tersebut, karena di jalan tanjakan Cikoronjo terjadi pergeseran tanah, hingga kondisi jalan miring ke sebelah kiri dan bila dilewati kendaraan harus pelan dan hati-hati, namun truk yang bermuatan penuh tidak bisa pelan yang akhirnya mundur lalu terjungkal, beruntung setiap kejadian tidak pernah ada korban jiwa hanya mengakibatkan luka ringan dan luka serius.

Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Tanggeung Riky (50) menerangkan, ditanjakan jalan provinsi lintas Cianjur Selatan tepatnya di Kampung Cikoronjo Desa Margaluyu, sepekan ini kerap kali terjadi kecelakaan lalulintas terbalik khususnya truk, box dan pick up yang bermuatan cukup berat.

Kerap terjadinya kecelakan lalulintas, akibat jalannya menanjak dan juga miring ke kiri akibat pergeseran tanah beberapa waktu lalu, padahal kondisi jalan tersebut telah beberapa kali dilaporkan pada pihak dinas terkait yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur, namun hingga kini belum pernah mendapat perhatian.

“Sering terjadinya truk terbalik itu akibat jalan menanjak tinggi juga miring ke sebelah kanan, jadi truk tidak bisa berjalan cepat, yang akhirnya mundur lagi dan terbalik. Rusaknya ruas jalan Cikoronjo telah dilaporkan pada pihak dinas terkait yang kantor perwakilannya ada di Kabupaten Cianjur,” ucapnya.

Ia meneruskan, dengan adanya itu, diharapkan kepada para pengemudi truk, box, dan mobil bak terbuka lainnya, harap hati – hati bila melewati jalan tanjakan Cikoronjo Desa Margaluyu Tanggeung, karena dijalan tersebut rawan kecelakaan lalulintas, khususnya truk banyak yang terbalik.

Selain itu diharapkan pada dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat jalan tanjakan Cikoronjo mohon segera diperbaiki karena rawan laka lantas.

“Kami harapkan pada dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat mohon segera memperbaiki jalan tanjakan Cikoronjo yang labil, karena kerap kecelakan khususnya truk terbalik,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here