Tanaman hias Petunia, kini mulai jadi primadona

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Tanaman hias ‘Petunia’ asal Amerika Selatan dan Belanda, saat ini menjadi salah satu tanaman yang paling laris di pasaran. Tanaman tersebut merupakan tumbuhan berbunga seperti trompet dari family ‘Solanaceae’.

Pemilik Cimacan Flower, Ujang Yusuf, menuturkan, sebetulnya penjualan tanaman hias pada awal tahun seperti ini, tidak begitu banyak terjual. Apalagi untuk jenis tanaman dari lokal.

“ Untuk sumber benih dari Belanda seperti Petunia saja biasanya yang masih banyak diminati. Soalnya jenis tersebut biasanya digunakan untuk hiasan rumah, jadi tetap laku,”  ujarnya.

Menurut dia, produk tanaman hias silangan seperti ini menjadi unggulan. Karena jenisnya beragam dan memiliki corak warna yang begitu indah. Selain itu tanaman tersebut cocok di lahan geografisnya seperti di Indonesia.

” Saat ini penjualannya masih stabil, paling biasanya nanti pada bulan Februari, Maret, sampai Agustus akan lebih laris,” imbuhnya.

Untuk saat ini, tidak memiliki begitu banyak persediaan. Alasannya karena memang belum waktunya. 

” Supaya bisa saling mengisi, antara petani dan penjual, biasanya kami saling mengisi, biar sama-sama diuntungkan,” kilahnya.

Disinggung mengenai harga, diajawabnya, Ujang mengatakan, untuk harga satu potnya mencapai kisaran antara Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,-. Bahkan ada juga yang lebih mahal, tergantung jenis dan ukurannya. .

” Walaupun penjual tanaman ini banyak terdapat di wilayah Cipanas, tetapi masing-masing pedagang kan punya pelanggannya sendiri, termasuk dari luar daerah,” kata dia.

Mengenai perawatan, menurutnya tidaklah sulit. Hanya saja disaat tanaman jenis ini sudah berkembang, jadi tinggal menyiram saja. Berbeda dengan jenis tanaman lainnya yang sedikit agak sulit.

” Iya, kalau jenis Petunia ini tidaklah begitu sulit, tinggal menyiramnya secara rutin pagi dan sore hari saja,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here