Laporan : Sam

Cianjur, metropuncaknews.com
Tanam perdana perbanyak benih padi varietas Inpari IR Nutrizinc, di sawah seluas 5”5 Ha milik Kelompok Tani Tirta Guna, Kampung Sipon RT 02/05, Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/11/2021)

Tanam perdana perbanyak benih padi tersebut, dihadiri Direktorat perbenihan Dirjen TP Kementerian Pertanian RI, anggota Komisi IV DRP-RI, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat, BPTP Balitbang Jabar.
BPTP Pertanian Provinsi, Bupati Cianjur yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Cianjur, Forkopimcam Ciranjang, Koordinator UPTD pertanian dan holtikultura wilayah Ciranjang, Kepala Desa Karangwangi dan para Ketua Gapoktan penangkar benih padi Kecamatan Ciranjang.

Direktur perbenihan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Dr. IR Muhamad Takdir Mulyadi menerangkan, dilaksankannya tanam perdana perbanyak benih padi varietas Inpari IR Nutrizinc, itu merupakan program pemerintah pusat yang sekarang sedang digalakan.

Karena varietas Inpasi IR Nutrizinc merupakan benih padi baru diluncurkan dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang utamanya untuk menekan angka terjadinya gizi buruk (stanting). Jadi intinya, padi Nutrizinc tersebut khusus untuk Stanting.” beras Inpasi IR Nutrizinc itu untuk stanting,”

Mulai dari sekarang hingga nanti para petani dianjurkan menanam benih padi Varietas Inpari IR Nutrizinc dengan cara gratis untuk mendapatkannya melalui Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur.

Karena bulir beras padi Inpari Nutrizinc, itu kecil – kecil dan tekstur nasinya sedikit kurang bagus tidak pulpen (Bear) namun kandungan nutrisinya cukup padat dan mampu untuk menekan terjadinya stanting dan nantinya bila para petani menanam padi tersebut, hasilnya akan dibeli langsung oleh Pemerintah melalui CV yang telah mendapatkan legalitas kerjasama dengan Pemerintah.

“Diharapkan kepada seluruh para OPD Kabupaten, OPD Kecamatan dan elemen masyarakat lainnya, harus ada Kerjasamanya yang serius untuk menanam benih padi Inpari Nutrizinc, supaya program tersebut berhasil sesuai keinginan semua pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Ciranjang, Ejen Jenal Mutakin menambahkan, dengan dilaksankannya tanam pedana benih padi Varietas Inpari IR Nutrizinc di kelompok tani penangkar benih padi yaitu Kelompok Tani Tirta Guna Ciranjang.

Pihaknya sangat mengapresiasi dan ucapkan terima kasih pada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemkab Cianjur. Semoga program tanam benih padi Varietas Inpari IR Nutrizinc Kabupaten Cianjur, berhasil sesuai harapan semua pihak, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here