Laporan : Sam

Cianjur, metropuncaknews.com – Tanaman bunga Celosia, Zinnia dan bunga matahari di Kampung Bungbulang RT 02/01 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, sekarang mulai lagi banyak  dikunjungi kaula muda.

Taman bunga tersebut, di lokasi seluas kurang lebih 1 Hektar tersebut, sempat ditanami bunga  matahari saja. Hingga banyak dikunjungi banyak orang. Tapi untuk sekarang, lahan tersebut ditanami berbagai macam bunga yang warna warni. Diantaranya, bunga  Celosia, Zinnia dan bunga Matahari.

Tokoh masyarakat Kampung Bungbulang Asep Miftahul Falah, mengatakan, lahan seluas kurang lebih 1 Hektar tersebut,  satu tahun lalu sempat ditanami bunga matahari saja. Hingga pengunjungnya cukup ramai yang datang dari berbagai kota.

Namun sayang, usia tanaman bunga matahari itu cukup singkat. Karena itu, para pengunjungnya pun terus berkurang dan bahkan nyaris hilang. Terlebih dengan adanya Pandemi Covid 19 yang berkepanjangan. Hingga untuk menanam bunga yang kedua kalinya dibatalkan. Karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Ketika PPKM Darurat berlangsung, beberapa orang masyarakat datang ke rumah Asep. Tujuannya ingin tetap menam bunga matahari. Setelah disepakati bersama dan dari pada tak ada kerjaan akhirnya nanam berbagai macam bunga warna warni. Yaitu, bunga Celosia, Zinnia dan juga bunga Matahari. Hanya penanamannya  dengan kapasitas terbatas. Karena khawatir  setelah berbunga akhirnya mubazir karena tidak diperbolehkan ada pengunjung yang masuk ke tempat wisata.

Karena itu, bungga yang ditanam hanya dilahan seluas 0,5 Ha. Namun, kini saat PPKM di Kab. Cianjur turun ke level 2, Taman Bunga tersebut sudah ada yang mengunjunginya. “ Utamanya warga yang ada disekitar lingkungan Kecamatan Ciranjang,” kata Asep.

Sementara itu, Kepala Desa Nanggalamekar Hilman, S.Kom mengatakan, melihat semangat juang warga Kampung Bungbulang untuk menanam bunga, pihaknya sangat mengapresisinya. Karena disaat PPKM Darurat berlangsung, mampu kompak menanam berbagai jenis bunga.

Hingga sekarang  taman bunga tersebut sudah mulai berbunga dan terlihat indah. Hingga ada warga sekitar yang sengaja berkunjung untuk berswa foto. “ Semoga saja Pandemi Covid-19 cepat berakhir dan levelnya menurun drastis, supaya Taman Bunga Bungbulang bisa dibuka kembali seperti sebelumnya,” harap Hilman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here