Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com –  Bunga matahari yang tumbuh  di sepanjang jalan menuju Kp Bungbulang RT 01-02/RW 01 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, kini   banyak dikunjungi warga yang datang dari berbagai daerah.

Bunga matahari yang mekar terlihat indah berderet tertata rapi di kanan, kiri jalan. Hingga pengunjung yang datang dari berbagai daerah tiap hari libur dan sore hari, memanfaatkan momen langka trsebut untuk berfoto ria.

Kepala Desa Nanggalamekar Hilman, S.Kom mengatakan, Kp Bungbulang yang berlokasi di tengah pesawahan dan dan berada pinggir sungai  Cisokan. Hingga bila ingin masuk perkampungan tersebut harus menyelusuri jalan desa sepanjang 300 meter dan lebar 2,5 meter.

Di kanan – kiri jalan tersebut, ditanami bunga matahari oleh warga. Hal tersebut digagas tokoh masyarat  Kp Bungbulang dan didukung Ketua RT, RW setempat. Hingga sekarang bunga matahari sedang mekar tersebut, banyak dikunjungi warga yang datang dari berbagai daerah.

” Masuk taman bunga matahari tidak dipungut biaya serupiah pun, demikian pula parkir yang dikelola Karang Taruna, itu tidak ditarget nominalnya,” jelas Hilman.  

Selain itu, sambung Hilman, kedepannya bunga matahari tersebut, tidak hanya akan ditanam di pinggir jalan saja. Tapi di tanah kosong dan depan pekarangan rumah warga Kp Bungbulang akan ditanaminya, Karena kampung tersebut akan dijadikan Kampung wisata Bunga Matahari.

Ditanamnya  bunga matahari, itu karena banyak manfaatnya. Seperti selain bijinya bisa dijadikan makanan cemilan, Kowaci juga bisa dibuat minyak goreng. Hal itu sangat bermanfaat bagi para petani padi dan petani lebah.

” Bunga matahari mampu mengundang pederator pemakan hama tanaman padi,  mampu mengendalikan hama dan bunga matahari dijadikan tempat mengisap  lebah madu yang diternak warga setempat,”

“ Semoga saja, program tersebut bisa terealisasikan sekarang juga, Kampung Bungbulang akan dijadikan Kampung Wisata Bunga Matahari dan bunga lainnya,” ujar Hilman  pada awak media, Rabu (16/12 – 2020).

Sementara itu, Ketua RW 01 Kp Bungbulang Sutardi (40) menambahkan, jalan menuju Kp Bungbulang sepanjang 3 meter, kanan, kiri-kanannya ditanami bunga matahari. Sekarang tiap hari libur dan sore hari banyak dikunjungi warga.  

” Tidak sedikit para pengunjung memanfaat momen yang langka itu untuk berfoto bareng dan shefi di depan bunga matahari yang sedang mekar,”imbuh Sutardi.  

Lebih lanjut Sutardi mengatakan, sebenarnya bunga matahari yang ditanam di pinggir jalan itu, hanya bentuk percobaan. Nantinya di sepanjang jalan gang, depan pekarangan rumah warga dan di lahan kosong di Kp Bungbulang akan ditanami bunga matahari.

“ Sekarang warga sedang sibuk membenahi lahan dan mengisi matrial tanah pada plastik Polybak yang nantinya akan ditanami 25 jenis bunga matahari. Hingga nantinya di taman akan terlihat mekar bunga matahari berbagai warna,” jelas Sutardi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here