Laporan : Dhani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Jawa Barat, saat dipimpin Yana. S, pernah diberi bantuan oleh pemerintah. Yaitu sepeda motor roda tiga (Cator) untuk pengangkut barang atau sampah. Namun, konon katanya, Cator tersebut bertahun-tahun tak pernah digunakan. Artinya cator tersebut dibiarkan begitu saja.

Padahal menurut Sekretaris Desa Mekarsari Tuti Astuti, cator tersebut adalah untuk digunakan di wilayah keRWan 06.

” Alasan kenapa hingga saat ini masih terparkir di penginapan, saya kurang tahu. Mungkin kalau ingin tahu lebih jelasnya seperti apa, silahkan tanya sama mantan kepala desanya saja, bagitu pak,” kata Tuti, Jum’at (14/02) di kantor Desa Mekarsari.

Pada awalnya cator tersebut, oleh dinas terkait dititipkan ke kantor Kecamatan Cianjur Kota. Kemudian dibawa oleh Sirod, Kasi Pelayanan Desa Mekarsari ke rumah mantan kepala desa di Panembong.

” Karena perintah dari atasan, ya saya ambil saja dari kantor kecamatan dan kemudian diantarkan ke rumah kades (kala itu). Kenapa hingga saat ini berada di penginapan, awalnya kan dipinjam oleh pihak tersebut, begitu pak,” aku Sirod.

Menyikapi hal tersebut, Pjs Kepala Desa Mekarsari Deden Subhan, menyayangkan terjadinya hal tersebut. Menurutnya kendaraan cator hibah tersebut seharusnya dipergunakan dengan semestinya untuk kepentingan masyarakat.

” Ya, harusnya kan digunakan oleh masyarakat, tapi menurut informasi katanya dari awal di simpan di penginapan,” ujarnya.

Lanjut Deden, yang bersangkutan sebetulnya sudah diberi surat untuk mengembalikan aset desa seperti motor/kendaraan dinas kades dan cator. Surat tersebut dikirim pada tanggal 20 Januari 2020 lalu, tapi sampai saat ini belum ada respon.

” Harusnya kan ketika datang surat tersebut, yang bersangkutan kooperatif, untuk memberikan penjelasan sehingga tidak menjadi masalah. Dan saya juga awalnya gak tahu seperti itu, tapi ada masyarakat termasuk ada juga perangkat desa yang bilang sama saya, jadi saya buatkan surat permintaan pengembalian aset desa tersebut,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here