Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Seringnya terjadi ganguan aliran listrik di setiap wilayah di Kabupaten Cianjur, itu akibat banyaknya ranting pohon yang menghalangi jalur aliran listtik. Karena itu, pihak PLN Cianjur, pada Rabu (08/07), mulai dari pukul 9,00 Wib sampai pukul 15,15 WIB melakukan pemangkasan ranting pohon. Untuk itu,  seluruh jaringan yang ada di wilayah kerja PLN Mande dipadamkan. Seperti halnya, jaringan di wilayah Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi.

Dengan adanya itu pihak PLN langsung melakukan antisipasi merapihkan ranting pohon yang menghalangi lancarnya jaringan listrik, karena pohon beserta rantingnya sebagai pemilu terjadi padamnya aliran listrik.

Manager bagian jaringan PLN Cianjur Endang (45) mengatakan, pihaknya kini sedang melakukan pemangkasan ranting pohon yang menghalangi lintasan kabel jaringan arus listri, di wilayah Mande. Diantaranya di wilayah Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung dan Haurwangi.

Hal itu dilakukan merupakan pemeliharaan. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadi ganguan pasokan listrik. Karena disebabkan adanya pohon beserta rantinngnya yang mengahalangi arus listrik.

Sebelum kegiatan pemangkasan pohon, terlebih dahulu pihaknya mengirim surat pemberitahuan pemadaman arus listrik pada seluruh warga melalui para kepala desa yang ada di wilayah kerja PLN Mande.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan hanya satu hari mulai dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 15.15 WIB. Sedangkan pemeliharaan jalur listrik yang ada di wilayah Sukanagara, Tanggeung dan di wilayah lainnya akan dilaksanakan kemudian dengan jadwal yang akan ditentukan kemudian.  

Maka dengan adanya kegiatan tersebut, aliran listrik yang ada di wilayah Mande diharapkan dapat berjalan lancar. Tidak sering terjadi ganguan aliran listrik yang disebabkan roming akibat pohon tumbang dan ranting jatuh.

“ Juga pada seluruh masyarakat, dinas instasi, lembaga mohon sabar adanya, karena aktivitasnya sedikit terganggu,” ucap Endang pada awak media, Rabu (08/07).

Sementara itu, Sekdes Hegarmanah Kecamatan Bojongpicung, Iyus Firja Yusman menambahkan, dengan adanya penebangan dan pemangkasan ranting pohon  aliran listrik sementara dipadamkan. Hal itu merupakan kinerja pihak PLN.

Ditegaskannya, akibat seringnya terjadi ganguan aliran listrik, sangat menganggu aktivitas kerja. Selain juga merusak perangkat kerja. Karena sekarang hampir semua alat kerja menggunakan alat elektronik yang tentunya memerlukan jaringan listrik.

Tapi kalau dengan adanya pemberitahuan sebelumnya, maka pihaknya memakluminya. Kita  saling menghargai tugas dan kinerja masing-masing. “ semoga kedepannya jaringan listrik yang ada diwilayah Mande,. Khusus nya di wilayah Bojongpicung tidak sering lagi ada ganguan,” Ucap Iyus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here