Warga sanbut positif pembangunan sumur bor air tanah di Ciharahas Kec. Cilaku Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebelumnya masyarakat Kampung Cipanas Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, kesulitan air bersih. Namun setelah selesainya  pembangunan sumur bor air tanah, dan diresmikan, mereka tampak senang. Karena masalah kekeringan yang sebelumnya terjadi, kini dapat teratasi, Kamis (10/1).

Pembangunan tersebut adalah pemberian dari Parulian Sihotang Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Kementrian Energi Sumberdaya dan Mineral (ESDM), yang digandeng oleh H. Joko Purwanto Anggota Komisi VII DPR RI.

Selain melakukan peresmian pembangunan sumur bor air tanah, pada kesempatan itu, juga dilaksanakan serah terima penerangan jalan umum tenaga surya (PJU TS) kepada Asisten Daerah Kabupaten Cianjur serta Kadis PUPR Kota Bogor.

Parulian Sihotang menjelaskan, bantuan sumur bor dan PJU TS yang diberikan merupakan bentuk dukungan dan realisasi program pemerintah pusat. Selain itu juga dalam upaya pemerataan pembangunan infrastruktur.

“ Sebagaimana kita ketahui, program ini harus mencapai masyarakat yang paling membutuhkan. Jadi ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat, sehingga memang diharapkan dengan sumur bor dan penerangan jalan umum tenaga surya manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelasnya pada awak media.

Program pembuatan sumur bor di Kabupaten Cianjur, dilakukan di empat titik yang berbeda. Semua penerima bantuan, menurutnya, sudah berdasarkan analisa dan pengkajian terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk memastikam penerima manfaat adalah wilayah yang betul-betul memerlukan bantuan.

“ Ada empat titik bantuan sumur bor air tanah di Cianjur, yang kami pastika,  adalah wilayah yang sulit mengakses air bersih saat kemarau tiba. Kemudian selain itu juga, untuk penerangan jalan umum tenaga surya di Kabupaten Cianjur, telah dipasang di 200 titik,” ungkapnya.

H. Joko Purwanto menambahkan, peresmian pembangunan sumur bor dan PJU TS yang dilakukan di Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku ini, merupakan bentuk realisasi DPR RI Komisi VII dengan Kementrian ESDM.

“ Untuk Kecamatan Cilaku, hari ini kita telah dipercaya untuk memberikan bantuan berupa sumur bor, yang Insya Allah ini semua bisa bermanfaat, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Cilaku,” kata dia.

Dirinya berharap, masyarakat bisa memeliharannya, hingga pemanfaatannya bisa maksimal buat masyarakat.

“ Pembangunan sumur bor ini, dibiayai oleh pemerintah, jadi saya secara pribadi berharap masyarakat bisa memelihara dan menjaga, serta memanfaatkannya semaksimal semaksimal mungkin untuk kepentingan warga juga,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here