Laporan : Lutfi Yahya

Sukabumi, metropuncaknews.com – Untuk membantu masyarakat di desa, khususnya masyarakat yang kondisi ekonominya kurang beruntung. Pemerintah telah menggelontorkan berbagai program bantuan. Salah satunya adalah Bantuan Sosial (Bansos) dari program Pemerintah Pusat. Diharapkan dengan Bansos tersebut dapat diserap secara optimal oleh masyarakat maupun Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk itu, segala unsur pemerintah, mulai dari daerah, kabupaten, hingga pendamping berikut masyarakatnya harus ikut mengawal semua prosesnya. Hingga bantuan tersebut sampai ke tangan masyarakat penerimanya secara utuh.

Namun bagaimana jadinya jika yang terjadi sebaliknya. Karena ternyata masih ada praktik pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh segelintir oknum. Padahal, bantuan yang mestinya diberikan penuh untuk warga kurang mampu malah dipotong dan masuk kantong lain.

Seperti yang dikisahkan oleh beberapa orang  KPM di kedusunan 4 Cibadak Ciawitali Desa Cicukang Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Hak masyarakat rata- rata di potong dari jumlah bantuan tersebut antara Rp.75.000  sampai 100 ribu rupiah per orang.

“ Tindakan pemotongan hak kami tersebut sudah terjadi dua kali, yang dilakukan  oleh salah seorang oknum mandor desa yang berinisial H, Kami tidak tahu apa alasannya  Bansos untuk kami tersebut  dipotong,” kata beberapa orang KPM yang mau namanya disebutkan.

Sementara Kepala Desa Cicukang Muman Mantereja, saat diminta keterangannya terkait dengan adanya keluhan masyarakat tersebut menegaskan, terkait adanya dugaan terjadinya praktek pungli yang di lakukan oleh oknum mandor di kedusunan tersebut, itu diluar sepengetahuannya.

Karena saat itu, tekhnis pelaksanaan pemberian bansos  untuk KPM di Desa Cicukang tersebut dilaksanakan di dua tempat. Yakni di kantor Desa Cicukang dan  di salah satu sekolah yang ada di Kampung Cibungur.  “ Dan pihak kami kini sedang menyelidikinya,” jelas Kades Cicukang pada awak media.

Selanjutnya Kades mengatakan, beberapa kali pihaknya mengingatkan ke petugas yang terlibat dalam kegiatan  Bansos itu. Jangan sekali-kali melakukan praktik Pungli Bansos. Berikan hak KPM sesuai dengan jumlah haknya.

“ Dan apabila  terbukti terjadi praktek pungli yang dilakukan. maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here