Laporan :Sam Apip /Gus

Bandung Barat, metropuncaknews.com – Sri (50) si rambut gimbal juga panjang kurang lebih 1,5 meter, tergolong Orang Dengan Gangungan Jiwa (ODGJ). Sri adalah warga Mantingan, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (03/02 – 2021) ditangkap pengurus dan anggota Yayasan Rumah Melenial Peduli (RMP) Haurwangi, Kabupaten Cianjur, di pinggir jalan raya Rajamandala – Bandung. Tepatnya di dekat Mesjid Jamie Darul Muslimin Kp. Warungjambe RT 01/15 Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Informasi yang dapat dihimpun, ditangkapnya Sri (ODGJ), bukanya untuk dipenjarkan atau dibuang ketempat pengasingan, melainkan untuk diurus. Seperti diseka, dibersihkan sekujur tubuhnya atau dimandikan. Rambutnya yang gimbal dan panjang dipotong  dan seluruh pakaiannya yang kumel diganti dengan pakaian yang baru dibeli.

Tidak hanya itu saja, Sri dibelikan kerudung, sandal jepit, payung dan pakai baru untuk ganti dikemudikan hari. Sekarang Sri terlihat segar dan bila berjalan terlihat ringan dan lenggang layaknya orang nolmal.

Atas kepedulian pengurus dan anggota RMP Cianjur, terhadap Sri (ODGJ), Pemerintahan Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, beserta warganya, memberikan apresiasi juga ikut andil memberikan Sri. Selain memberikan fasilitas kamar mandi Mesjid Jame untuk mandinya Sri, juga  Kepala desanya ikut menyuapi makan nasi pada mulut Sri.

Pihak RMP menegaskan,  tiap waktu akan terus memantau keadaan kondisi Sri. “ Bila perlu kedepannya akan dititipkan pada salah satu Yayasan peduli  ODGJ yang ada di Cianjur,” ucap Prapti alias Ibu Jamil (50) pembina yang didampingi Endan Rahmat Safari selaku Ketua Yayasan RMP Cianjur.

Sementara itu, Kepala Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat, Alit Nurmansyah (45) menambahkan, dengan adanya RMP Cianjur, yang bergerak dalam sosial kemanusiaan, pihaknya memberikan apresiasi. Karena benar – benar  peduli terhadap Sri  yang nota bene sebagai  ODGJ. Padahal Sri itu bukan warga  Desa Rajamandala melainkan warga luar Jawa Barat.

Alit juga mengatakan, pekerjaan membersihkan ODGJ, memotong rambut yang gimbalnya, kemudian memberi baju baru, kerudung, sendal, payung, itu benar sangat terpuji.

“ Dengan adanya itu, kami mendoakan, semoga Yayasan Rumah Melenial Peduli Kabupaten Cianjur kedepannya  lebih berhasil dan lebih  maju,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here