Siswa=siswi SMP PGRI I Buatan saat melaksanakan upacara di halaman sekolah

Laporan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – SMP PGRI 1 Buayan, dulunya adalah SMP PGRI 9 Buayan. Meski keberadaan sekolah ini agak jauh dari pusat kota Kebumen, namun antusias masyarakat setempat untuk menyekolahkan anak-anaknya cukup mengembirakan. Hal ini terbukti dengan jumlah rombongan kelasnya selalu 24 kelas. Hingga pernah memiliki jumlah siswa diatas 1000 siswa-siswi.

Kepala SMP PGRI 1 Buayan, Drs.Akhmad Romeli saat dihubungi mengatakan, sekolah yang pimpinnya saat ini terus intensif melakukan pembenahan dan peningkatan sarana dan prasarana. Termasuk peningkatan kuota jumlah siswa.

Pasalnya, kata Romeli, SMP PGRI 1 Buayan masih membutuhkan penanganan secara bertahap dan berjenjang. Sehingga bisa memiliki prestasi akedemik dan non akedemik seperti sekolah lainnya yang telah maju dan terkenal.

Untuk itu, lanjut Romeli, pihaknya kini  tengah menyiapkan peserta didik yang berprestasi dengan dilandasi ilmu, iman dan taqwa (Imtaq). Selain itu juga memiliki ilmu pengetahuan dan tehnologi (Iptek).

“ Dengan demikian saya yakin dan percaya, SMP PGRI 1 Buayan akan mampu menjadi sekolah favorit yang setiap tahun selalu diburu masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMP PGRI 1 Buayan,” jelas Romeli.

Untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar, Romeli dalam kesehariannya dibantu 29 tenaga pendidik, karyawan TU sebanyak 9 orang dan penjaga keamanan (Satpam) sebanyak 2 orang.

Pada kegiatan belajar mengajar, SMP PGRI 1 Buayan tahun ini masih menggunakan dua kurikulum, yakni KTSP untuk kelas 8 dan 9 dengan menerapkan 11 (sebelas) mata pelajaran. Yaitu, Pendidikan Agama, PKn, IPA, IPS, Matematika, SBK, Penjaskes Orkes, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, dan TIK. Sedangkan bagi siswa kelas 7  menggunakan Kurikulum tahun 2013 (KURTILAS).

SMP PGRI I Buayan yang kini menampung murid dari mulai kelas 7, 8 dan 9  dengan jumlah murid sebanyak 619 siswa. Sekolah yang satu ini sudah memiliki Gedung Serba Guna dengan kapasitas 1000 orang. Ruang Kelas yg dilengkapi LCD proyektor, ruang praktek musik dan kesenian, laboratorium IPA, perpustakaan dengan koleksi buku mata pelajaran dan puluhan ribu buku fiksi, ruang BP, ruang OSIS dan ruang Pramuka serta mushola yg baru saja diresmikan penggunaannya.

Berbagai kegiatan untuk mendidik siswa-siswi agar menjadi murid yang berprestasi diselenggarakan, mulai dari Masa Orientasi Siswa (MOS), perkemahan, lomba ajang kreasi siswa, pesantren kilat, aneka macam ekstrakurikuler dan lain sebagainya.

Ada pun prestasi yang pernah diraih SMP PGRI I Buayan salah satunya adalah Juara 1 Lomba Lukis Tingkat Kabupaten Kebumen. Dan berbagai macam kejuaraan tingkat kecamatan dan antar sekolah yang diselenggarakan oleh SMK/SMA di wilayah Kab. Kebumen juga sudah banyak diraih.

Melihat kenyataan yang ada di SMP PGRI 1 Buayan, maka tak berlebihan kiranya kalau para pendidiknya yang salah satunya ada yang sudah bergelar Magister Pendidikan menyatakan, siap mencetak anak didik yang berprestasi yang dilandasi Imtaq dan Imtek.

Karena itu jangan ragu untuk menyekolahkan putra-putri Anda di SMP PGRI 1 Buayan yang berlokasi di Jln. Karangbolong KM 10 Desa Buayan Kec.Buayan, Kab. Kebumen Jawa Tengah.

“ Kami siap menerima peserta didik baru, baik dari Kecamatan Buayan mau pun luar kecamatan dengan dukungkan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung KBM yang sangat memadai,” kata guru senior Edy Sayogyo, S.Pd., M.Pd yang juga Sekretaris YPLP PGRI Kab. Kebumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here