Acara Paturay Tineung digelar SMPN I Cianjang

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Perpisahan merupakan hal yang biasa yang diadakan disetiap sekolah. Hal itu dilakukan apabila telah siswa/siswi telah melaksanakan ujian dan akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk mengenang murid semasa duduk di bangku sekolah, maka diadakanlah acara perpisahan atau paturay tineung. Seperti yang digelar di SMP 1 Negeri Ciranjang, Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Senin (30/04). Siswa Kelas IX mengadakan acara paturai Tineng. Acara tersebut dihadiri Camat Ciranjang, Kepala Desa Cibiuk, Komite, Dinas Pendidikan dan tamu undangan lainnya.

Sebanyak 365 siswa kelas IX antusias mengikuti rentetan acara tersebut. Dari mulai pembukaan, sambutan sampai kepada pementasan kreasi seni yang dipertunjukan oleh adik-adik kelasnya, diikuti secara antusias. Walau pun kelulusan belum diumumkan.

Panitia Pelaksana Kegiatan Paturai Tineng Rustini mengatakan, berhubung ke depan acara akan semakin padat, maka acara yang sudah menjadi tradisi saat telah melaksanakan ujian dilaksanakan hari ini. “ Kami berharap, semua siswa mendapat nilai yang baik dan lulus sehingga bisa melanjutkan ketingkat selanjutnya,” tutur Rustini.

Sementara Kepala SMPN I Cianjang, Asep Setiawan mengatakan, sebentar lagi bulan puasa. Ada intruksi saat bulan puasa tidak boleh mengadakan acara seperti ini. Maka acara perpisahan atau samen bahasa yang sudah biasa kita dengar,  diadakan hari ini.

Karena jika setelah ujian kelulusan tidak ada acara seperti ini rasanya kurang afdol dirasakan siswa. Asep berharap, semua siswa yang lulus nanti bisa terus melanjutkan pendidikannya ketingkat yang lebih atas.

Selanjutnya kepada siswa yang telah lulus, Asep berpesan, agar tidak ada yang mencurat coret bajunya. “ Dari pada dicurat-coret lebih baik dikumpulkan agar bisa disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan itupun dengan catatan bajunya masih bagus dan layak pakai, ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here