SMK Sunan Giri laksanakan MOP di pesisir pantai selatan Jawa Barat.

Laporan : Sopie

Cianjur, metropuncaknews.com – SMK Sutan Giri Sindangbarang Cianjur Selatan, melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Pramuka (MOP). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 19 sampai dengan 21 Juli 2019 lalu.

Pelaksanaan dilakukan di pesisir pantai selatan, tepatnya di Kampung Cicalengka RT. 02/07 Desa Talagasari Kecamatan Sindangbarang, Cianjur Selatan. Melihat antusias peserta MOP (murid), nampak membawa keharmonisan antara murid dan guru.

Ada yang menarik dalam pelaksanaan MOP SMK Sutan Giri tersebut, yaitu ketika melihat murid sangat antusias mengikuti shalat lima waktu berjamaah.

Artinya, tidak hanya pendidikan formal saja yang mereka (murid) ikuti, tetapi dari segi agama juga sudah mereka tanamkan.

Saat dihubungi awak media, Sabtu (27/7), pembina Pramuka SMK Sutan Giri, Nurmayati S.Pd,  menyampaikan, kegiatan MOP ini, harus diikuti oleh semua murid, dengan tujuan untuk lebih saling mengenal satu sama lainnya.

“MOP ini merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh murid kelas X, karena rangkaian kegiatan tersebut merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), untuk peserta didik baru, dan kami pun berusaha untuk selalu mengarahkan anak didik kami supaya bisa lebih baik lagi,” katanya.

Sementara ketua pelaksanaan MOP, Dedi Irawan, menjelaskan, bahwa kegiatannya itu, terdiri atas penyampaian materi kepramukaan, menonton film edukasi pendidikan, senam pagi dan kegiatan outbond.

“Setelah mengikuti semua rangkaian kegiatan, Nurida diikut sertakan dalam proses fsycotes seputar pendidikan dan pramuka. Tidak hanya itu saja, dari segi keagamaan juga kami tanamkan,” jelasnya.

Kepala sekolah SMK Sutan Giri Agus Jaelani, menyampaikan, kegiatan shalat berjamaah ini, selalu dilakukan dalam kegiatan persami di SMK Sutan Giri Sindangbarang karena dirasa dapat memberikan banyak manfaat bagi semua murid.

“Shalat itu kan kewajiban, maka dari itu kami selaku pihak pembimbing (guru), selalu mengajak dan mengingatkan untuk melaksanakan shalat berjamaah baik di sekolah maupun diluar sekolah,” ujarnya.

Agus berharap, semua siswa didiknya mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk masa depannya kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here