Laporan : Irpan

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk memperkenalkan jurusan pada peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs),  juga belajar berwirausaha, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Nurul Islam menggelar Bazar EKSPRESI (Ekspos Prestasi Dan Kreativitas Siswa). Kegiatan tersebut digelar di halaman belakang SMK Nurul Islam Jalan Raya Cianjur-Bandung KM 9, mulai Senin (14/01) sampai dengan Sabtu (19/01). Kegiatan tersebut diikuti 22 (dua puluh dua) SMP/MTs yang ada di Kabupaten Cianjur.

Ketua Panitia Penyelenggara, Yodha Ruridiana, S.Pd saat dihubungi mengatakan, kegiatan tersebut digelar sesuai tuntutan kurikulum. Selain itu juga sesuai dengan visi misi sekolah. Yakni, setiap civitas akademika di SMK Nurul Islam, harus senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kreativitas para peserta didik guna mengaktualisasikan potensi para siswa.

Lebih lanjut Yodha mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi aktif dan kreativitas siswa tersebut, yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Baik yang bersifat internal maupun eksternal.   Tepatnya, berupa kegiatan yang melibatkan para siswa dari tingkat SMP/MTs sederajat.

“ Sebagai realisasi dari pemikiran tersebut, maka SMK Nurul Islam menggelar kegiatan rutin tahunan dalam bentuk Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa (EKSPRESI) Tahun 2019,” jelas Yodha.

Sedangkan tujuan digelarnya Bazar EKSPRESI, masih kata Yodha, adalah untuk memperkenalan jurusan. Mengaktualisasikan prestasi dan kreatifitas serta bakat para siswa. Mempererat hubungan silaturahmi antar siswa SMK Nurul Islam dengan siswa SMP/MTs se Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Memotivasi siswa dalam memilih jurusan dan sebagai sarana evaluasi kesiapan dan kemampuan siswa yang mereka tekuni dan sukai.

“ Kami berharap, dengan digelarnya kegiatan ini, dapat partisipasi aktif dari siswa-siswi tingkat SMP/MTs se Kabupaten Cianjur dan seluruh civitas akademika di lingkungan SMK Nurul Islam,” terang Yodha.

Disinggung mengenai pendidikan kejuruan, Yodha menyebutkan, pendidikan berbasis kompetensi kejuruan yang dioperasionalkan dalam kurikulum 2013 (K 13) merupakan kegiatan pendidikan di tingkat satuan pendidikan atau lembaga pendidikan formal (SMK). Kurikulum ini, lanjut Yodha, menekankan pada kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik sesuai tujuan pendidikan nasional.

Ada pun kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik, masih kata Yodha mencakup kompetensi-kompetensi sebagai berikut, pengetahuan, keterampilan, kecakapan,  kemandirian, kreativitas, kesehatan, akhlak, ketaqwaan dan kewarganegaraan.

Mengenai hal tersebut, Yodha menegaskan, di SMK Nurul Islam, kompetensi-kompetensi tersebut, selain diwujudkan dengan kegiatan formal yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajar (intra dan ekstra kurikuler) juga dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.  Seperti Pramuka, Palang Merah Remaja, Remaja Mesjid Sekolah, Karya Ilmiah Remaja, Olahraga Prestasi dan Apresiasi Seni.

“ Kegiatan ekstrakurikuler tersebut, diarahkan untuk membina dan mengembangkan kreativitas siswa, baik yang bersifat akademik maupun non akademik,” ujar Yodha.

Sementara Kepala SMK Nurul Islam, Drs.H. Aceng Sirojudin mengatakan, kegitan tersebut digelar selain untuk memperkenalan jurusan juga untuk mendidik siswa berwirausaha sejak dini. Seperti belajar menawarkan suatu produk dan belajar cara menarik konsumen agar tertarik dengan produk yang dijualnya. Diharapkan, dengan adanya Bazar EKSPRESI tersebut, mampu menjadikan siswa yang handal, berprestasi juga mandiri.  “ Kami berharap, momen ini dapat dijadikan ajang untuk belajar berwirausaha agar kelak mampu menjadi pengusaha yang handal, profesional dan mandiri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here