Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Covid 19, tak menyurutkan dunia pendidikan untuk melaksanakan penilaian akreditasi sekolah. Seperti halnya, SMK Mitra Pasundan Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, dinilai akreditasi dengan cara online atau daring selama dua hari, Rabu-Kamis (25-26/11).  

Kepala SMK Mitra Pasundan Bojongpicung, DR. Eden Romansah menjelaskan, dilaksanakannya penilaian akreditasi sekolah itu, dilakukan 5 tahun sekali. Namun dimasa pandemi Covid 19,  penilaian akreditasi dilaksanakan dengan cara daring.

Seperti akreditasi yang baru selesai dilaksanakan. Pihak SMK  menghadirkan pengurus Yayasan, Dewan guru, Komite Sekolah, orang tua siswa, Siswa aktif, Alumni siswa, perusahaan dan lembaga yang menjadi mitra kerja pihak sekolah.

Seluruhnya berkomunikasi lewat jaringan internet, menghadap layar monitor laptop di ruang yang telah disediakan. Sedangkan para  asesor akreditasi berada di ruang kerjanya di Kantor Badan Akreditasi Provinsi Jabar, Bandung.

Maka dengan adanya itu, pihaknya banyak menimba pengetahuan, pengalaman yang disampaikan para asesor secara langsung. Utamanya mengenai pembelajaran pada peserta didik. Administrasi sekolah yang seluruhnya bertujuan pada meningkatkan kualitas pendidikan. “ Utamanya supaya pihak sekolah mampu menciptakan sekolah yang sehat juga wal’afiat,” Ucapnya.

Sementara itu, Komite SMK Mitra Pasundan, Usman (60) menambahkan, dengan dilaksankannya penilaian akreditasi sekolah secara daring, itu membuat pengalaman baru. Karena menjawab seluruh pertanyaan asesor membuat dirinya cukup serius dan teliti.

Karena selain suara kurang jelas juga sering tersendat. Mungkin semua itu faktor jaringan internet yang kurang baik. Tapi setelah berjalan cukup lama akhirnya bisa membuat dirinya nyaman dan banyak mendapat pengalaman juga wawasan baru.

Selain itu, Ia meyakini, hasil penilaian akreditasi yang telah dilaksankan itu, akan mampu meningkatkan kualitas pendidik SMK Mitra Pasundan. “ Sebab arahan, petunjuk dan saran seluruh asesor cukup bagus, realita hingga layak diterapkan sesuai program yang ada, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here