Tim kesehatan Puskesmas Sukasari mengunjungi rumah Siti Safa Nuraeni.

Laporan : Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknews.com – Tim Kesehatan Puskesmas Sukasari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, kunjungi Siti Safa Nuraeni (8) anak dari pasutri Unang dan dede bandriah (Almarhumah) yang lahir tanpa anus di kampung pasir angin Rt 03/04 Desa Ciharachas Kecamatan Cilaku. Akhirnya dapat perhatian khusus dari tim kesehatan Puskesmas Sukasari. Selasa (23/7).

Siti Safa Nuraeni (8), yang sebelumnya sempat diberitakan metropuncaknews.com dengan segala keadaan yang sebenarnya, akhirnya ditindak lanjuti oleh tim Puskesmas Sukasari.

Kapus Sukasari Yudiansyah Sutawijaya, SKM, mengatakan, pihaknya telah menindak lanjuti temuan rekan-rekan awak media prihal adanya anak yang sejak lahir tanpa anus di Kampung tersebut,

“Kami sudah mengujungi serta memeriksa kesehatannya, dari hasil investigasi tim puskesmas memang betul, anak ini saat usia 40, hari pernah menjalani operasi pengalihan lubang anus di RSUD Cianjur, dan akhirnya Siti dapat buang air besar melalui lubang yang dibuat di perut atau sesuai hasil investigasi rekan media,” Jelas Yudi saat dihubungi via telepon celluler.

Lanjut yudi, pasien ini harus segera dirujuk ke Rumah Sakit, agar mendapatkan penanganan dan pemeriksaan instensif, dan pasien ini sebenarnya memiliki BPJS tapi sudah tidak aktif karena tidak terbayar premi bulannanya. 

“Untuk menindak lanjutinya adalah orangtua harus mengurus KIS ke desa setempat dengan rekomondasi Dinsos, agar tidak terkena angsuran premi bulanan, setelah mendapatkan KIS dapat meminta bantuan Puskesmas untuk dibuatkan rujukan ke Rumah Sakit agar mendapatkan pemeriksaan yang lebih spesialistik,” ujarnya.

“Untuk tim kesehatan seperti bidan dan perawat yang ada di Desa akan terus membantu memotivasi untuk mendampingi keluarga pasien dalam kepengurusan penganan pasien,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here