Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Harapan keluarga Dewi Sadiah Binti Karja Arsa, seorang pekerja migran Indonesia (PMI), asal Kabupaten Cianjur, musnah sudah. Pasalnya pekerja migran itu pulang dalam keadaan tak bernyawa. Dikabarkan, Dewi meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya saat bekerja di Kota Riyadh negara penempatan Arab Saudi.

Isak tangis keluarga pun tak tertahankan saat jenazah Dewi tiba di rumah duka di Kampung Cimahi Kulon Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/03/2021) kemarin.

Ketua DPW LSM FPMI Jawa Barat, Dhani Rahmad mengatakan,  Dewi meninggal dunia karena sakit yang dideritanya saat bekerja d Riyadh Saudi Arabia.

” Berdasarkan informasi yang kita dapatkan, almarhumah mengalami sakit sesak napas dan memiliki riwayat penyakit lambung kronis,” kata Dhani pada wartawan, Senin (22/03/2021).

Lebih lanjut Dhani Rahmad mengatakan, almarhumah ini sudah bekerja di Arab Saudi sejak bulan Agustus 2019. Jadi baru bekerja 17 bulan dan meninggal dua bulan lalu. Sementara jenazahnya sampai di Bandara pada hari Sabtu sekira pukul 01.30 WIB dan langsung diantarkan kerumah duka.

” Meski sempat tertahan di sana, karena adanya salah paham dengan pihak aktivis BMI di Arab Saudi. Beruntung pihak KBRI membantu kami dan Alhamdulilah proses pemulangan jenazahnya ke Tanah Air bisa berjalan lancar,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, pihak keluarga berencana akan menguburkan almarhumah di tempat pemakaman umum yang tak jauh dari rumah duka.

” Almarhumah Dewi sampai dirumah duka sekira pukul 10.00 WIB dan langsung dikuburkan,” kata pihak keluarga pada Dhani.

Memang sebelumnya, lanjut Dhani, almarhumah Dewi akan dimakamkan di Arab Saudi. Tetapi pihak keluarga, meminta bantuan agar jenazahnya dipulangkan dan dikebumikan di kampung halaman.

” Ya, benar pihak keluarga memberikan kuasa untuk memproses kepulangan almarhumah. Setelah melalui proses dua bulan, dan Alhamdulilah prosesnya berjalan lancar sehingga jenazah Dewi pun bisa sampai kerumah duka,” ungkapnya.

Kepulangan almarhumah Dewi ini, sambung Dhani, tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Sehingga bisa dipulangkan dengan cepat dan tidak ada hambatan.

” Mewakili keluarga almarhum Dewi, kami mengucapkan banyak terima kasih pada KBRI di Arab Saudi, KJRI, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Tenaga Kerja, BP2MI dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu proses kepulangan jenazah Dewi hingga sampai ke rumah duka,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jayagiri, Sindangbarang, Cianjur,  Endang Solehudin mengatakan, mewakili pihak keluarga almarhumah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPW LSM FPMI Jawa Barat serta tim, yang sudah membantu kepulangan jenazah Dewi.

” Tentunya saya sangat mengapresiasi kerja keras tim yang sudah mengupayakan kepulangan warga saya, hingga sampai dirumah duka. Kedepan saya akan berkoordinasi terus dengan FPMI, bila ada warga saya yang mengalami permasalahan diluar negeri,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here