Eddy Suherman, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Campakamulya Kabupaten Cianjur. Foto Zenal Mustari metropuncaknews.com

Laporan : Zenal Mustari

CIANJUR, metropuncaknews.com —  Lima Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2020-2026 se-Kecamatan Campakamulya Kabupaten Cianjur, resmi dilantik oleh Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman. Pelantikan sekaligus mengambil sumpah janji tersebut dilakukan di pendopo Cianjur, Senin (13/4).

Masyarakat dimasing-masinh desa sudah menanti kinerja ke 5 Kepala Desa (Kades) terpilih itu. Janji politik yang sudah diumbarnya pada saat menjelang pemilihan, selalu diingat warga dan mengharapkan untuk segera direalisasikan.

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Kecamatan Campakamulya, Eddy Suherman mengatakan, warga Camapakamulya mengucapkan selamat atas buah perjuangan para kades terpilih. Namun kata Edy, harus diingat, itu adalah perjuangan untuk mengabdi bukan perjuangan pribadi.

“ Siapapun yang dilantik, artinya itulah moment awal mereka mengabdikan dirinya pada masyarakat dan masyarkat mempercayai mereka untuk melakukan tugasnya,” ujar Eddy pada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/4).

Dikatakan Eddy, setidaknya para kades ini harus mengkondinir tiga kegiatan. Seperti pengelolaan untuk pembangunan, pemberdayan dan kemasyarakatan. Termasuk harus membuat perdes. Selanjutnya pengawasan atas pelaksanaan perdes dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah desa.

“ Ke tiga ini harus dilakukan secara maksimal. Selain itu, harap Eddy, partisipasi masyarakat untuk mengawasi kinerja kepala desa perlu dilakukan, dan untuk kades, mereka (warga-red) harus diberi kemudahan untuk komunikasi,” katanya.

Lanjut Eddy, Kades juga harus menyampaikan programnya untuk 6 tahun mendatang.

” Sehingga setelah berjalan 1 atau 2 tahun, bisa di evaluasi. Apakah benar janjinya itu dilakukan atau tidak,” sebutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here