Pembangunan gedung serba guna Desa Balegede.

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Setahun yang lalu, H Asep Sutisna S.IP, terpilih menjadi Kepala Desa Balegede Kecamatan Naringgul Cianjur Selatan. Diakui masyarakatnya, desa tersebut memang cukup berkembang dengan signifikan.

Selama masa jabatannya yang baru satu tahun ini, H Asep Sutisna S.IP, setelah melakukan perombakan struktural pegawai desa. Dirinya gencar melakukan pembangunan. Saat ini pun, sedang berlangsung pembanguan gedung serba guna, dengan kapasitas ukuran gedung 11 x 17 meter, yang nantinya bisa dipakai untuk acara resepsi pernikahan, Putsal, Badminton, Voli Ball dan lainnya.

Selain sarana olah raga,  ada juga pembangunan toilet, kantin, musholla dan panggung hiburan.

Anggaran yang digunakannya merupakan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, dengan jumlah Rp. 395.600.000,- (Tiga Ratus Juta Sembilan Puluh Lima Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).

Dengan melakuakan gebrakan seperti itu, Asep Aspar, yang memang salah satu tokoh dan pengusaha di Naringgul, kini semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap sosok kepemimpinannya.

Salah seorang warga Desa Balegede, Uri (40), mengatakan, kepemimpinan Asep Aspar, ini memang bagus sekali, walaupun baru  menjabat satu tahun. Ia sangat peduli terhadap pemerataan pembangunan infrastruktur.

” Dengan dibangunnya gedung bangunan serba guna untuk umum ini, kami sangat senang sekali. Karena, nantinya bisa dipakai untuk umum terutama untuk acara resepsi baik khitanan maupun pernikahan,” katanya.

Warga lainya pun, Asep Indro (45), mengatakan, bahwa dirinya dan masyarakat sangat mendukung berlangsungnya pembangunan di Desa Balegede.

“Masyarakat sangat mendukungnya. Seperti pelaksanaan pembangunannya, pak. Kades, memberdayakan masyarakat silih berganti, dengan seperti itu masyarakat akan merasa memiliki fasilitas umum tersebut. Terima kasih kepada kepala desa baru, yang sudah membawa perubahan di Desa Balegede. Mudah-mudahan empat tahun kedepannya bisa terus membangun, sehingga masyarakat desa Balegede lebih sejahtera lagi,” paparnya.

Asep Indro menambahkan, selain membangun infrastruktur yang kami tau, pak kades, juga membantu membangun salah satu musholla di daerah pesawahan, untuk mempermudah masyarakat, saat hendak melaksanakan Sholat.

“Sebelumnya, masyarakat kampung pesawahan, harus pergi jauh saat hendak melaksanakan sholat,  sebab tidak punya musholla. Namun setelah dibangunnya musholla oleh pak Kades, masyarakat lebih terbantu,” katanya.

Sementara saat ditemui di ruang kerjanya Jum’at (16/8), H Asep Sutisna S,IP, menjelaskan, untuk anggaran tahun ini, selain pembangunan gedung serba guna, nanti juga akan membangun jalan poros desa.

“Selain itu tadi, saya juga akan membeli ‘Ambulance Desa’, juga pembangunan sekolah PAUD, di Kampung Miduana, selain itu ada beberapa titik pembangunan irigasi curug Induk, yang bersumber dari DD tahap berikutnya,” jelasnya. 

Satu hal yang tak pernah dilupakannya, yaitu ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden, Kementrian, Gubernur Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur juga dinas-dinas terkait.

“Ya, dengan adanya bantuan anggaran dari pemerintah pusat berupa Dana Desa (DD ) dan lainnya, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga pembangunan di desa-desa, khususnya di desa kami ini. Pembangunan infrastruktur dan yang lainya, diyakini mampu  meningkatkan taraf hidup masyarakat, yang mampu mendongkrak roda perekonomian dan kesejahteraan tingkat desa,” pungkasnya.

Intinya mari membangun Indonesia lebih maju. Disini, saya mengajak masyarakat, mari bersama-sama kita membangun desa yang kita sayangi, karena tanpa dukungan dari mesayarakat, semua tidak akan terwujud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here