Pengajian rutin di Desa Ramasari

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Seorang pemimpin, kelak akan ditanya tentang kepemimpinannya. Hal itu tersirat dan tersurat dalam hadist Nabi Muhammad Saw, Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya. Penguasa adalah pemimpin dan akan ditanya tentang kepemimpinannya (rakyatnya), ”  (HR Bukhari dan Muslim). 

Hadis tersebut, menerangkan  tentang pemimpin yang menegaskan, setiap individu yang terlahir di dunia ini pada hakikatnya adalah seorang pemimpin. Dalam menjalankan tugas, pemimpin dituntut untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, benar, amanah, mandiri, kuat, cerdas, dan bijaksana.

Menyadari akan hal itu, Kepala Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, tiap malam Jumat secara rutin menggelar acara dzikir, shalawat dan tausiyah. Acara tersebut digelar di aula Desa Ramasari. Tiap acara digelar, selalu dihadiri unsur Muspika Haurwangi, MUI desa, BPD, LPM, Karangtaruna, RT/RW dan tokoh masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Ramasari Agus Sumarna mejelaskan, digelarnya acara tersebut dimulai sejak dirinya terpilih menjadi kepala desa. Karena hal itu merupakan salah satu Visi Misinya saat pemilihan kepala desa dua tahun yang silam.

Selain melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat dengan baik dan benar, juga pihaknya melaksanakna kegiatan rutinan mendatangi majlis talim. Mengikuti pengajian dan melaksanakan rutinan dzikir, shalawat dan tausiyah di aula kantor desa tiap malam jumat.

Agus menegaskan, hal itu dilakukan untuk membentuk karakter, sikap dan cara melaksanakan ibadah yang benar kepada Allah SWT. Minimalnya  para perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan desa dan selutuh masyarakat desa memahami dan menjalankan ibadahnya dengan baik dan benar.

Selain melaksanakan pelayanan yang benar terhadap masyarakat, juga diharapkan mampu menjadi suri tauladan hingga dicontoh masyarakat juga tidak mau disalahkan masyarakat diakherat nanti.

‘ Karena seorang pemimpin, akan ditanya kepemimpinannya diakherat NANTI,” KATA Agus Sumarna.

Sementara itu, MUI Desa Ramasari Ustdz Abdul Gofur menambahkan, dengan digelarnya dzikir, shalawat dan tausiyah tiap malam Jumat di aula Desa Ramasari, pihaknya selaku Ketua MUI desa, merasa bersyukur. Karena tidak hanya perangkat desa, masyarakat dan pemuda yang rutin datang mengikutinya, tapi unsur Muspika Haurwangi pun rutin pula ikut andil mengahadirinya. Seperti Babinmas, Babinsa,  Kaur Trantib dan Kesra Kecamatan Haurwangi.

Selain itu, lanjut Abdul Gofur, dzikir, shalawat dan tausiyah tidak hanya dipimpin Ketua MUI saja, melainkan dilaksanakan dengan cara bergiliran,

Seperti diantaranya dipimpin, Kaur Kesra, Ustad Iyus Darussalam, Wakil Ketua MUI Desa Ustadz Ceceng, Ketua DKM setempat Ustadz Asep dan ustadz lainnya yang ada di Desa Ramasari.

“ Dengan adanya itu, diharapkan Desa Ramasari mampu menjadi desa yang lebih maju dan berakhaqul qarimah, sesuai dengan visi misi Kabupaten Cianjur,” jelas Abdul Gofur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here