Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Senior Polwan Derap Warapsari bertandang ke Polres Cianjur. Rombongan diterima langsung oleh Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, SIK,MH, Waka Polres Cianjur, para PJU Polres dan para Kapolsek di jajaran Polres Cianjur, Jumat (9/8).

Kunjungan Senior Polwan Derap Warapsari tersebut, berlangsung di Aula Wira Pratama Polres Cuanjur dan dipimpin langsung oleh Kapolres Cianjur AKBP Soliyah.

Kapolres Cianjur, mengucapkan selamat datang. Selanjutnya dilakukan pengenalan PJU Polres dan para Kapolsek Urban di Polres Cianjur. Hal itu dilakukan karena yang menjadi sasarannya adalah para PJU dan para Kapolsek serta anggota Polwan Polres Cianjur.

Acara selanjutnya sambutan Ibu Pertiwi sebagai penasehat Derap Warapsari. Kemudian pengenalan latar belakang Derap Warapsari yang terbentuk pada kericuhan Mei 1998, silam.

Selanjutnya dijelaskan, Derap Warapsari diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Roesmanhadi pada 1 September 1998. Sebagai langkah pertamanya yaitu membuat Ruang Pelayanan Khusus (RPK) yang tugasnya adalah melayani para korban kekerasan dengan cara yang lebih humanis.

Ada pun langkah keduanya yaitu melantik 2000 Polwan. Melatih Calon Awak Ruang Pelayanan Khusus di Jakarta pada 10 Desember 2000. Kemudian pada tahun 2001, berdiri Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA). Selanjutnya dilakukanlah sosialisasi dan pelatihan RPK dan UPPA di seluruh Indonesia. Untuk membuat penguatan jaringan kerjasama melalui Sistim Peraduan Pidana Terpadu Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan ( SPPT-PKKTP). Acara dilanjutkan dengan pembagian cedramata kepada PJU Polres Cianjur.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah melalui Paur Subbag Humas Polres Cianjur,  menjelaskankan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memotivasi anggota Polri.

” Kegiatan ini merupakan, kegiatan untuk memberi motivasi kepada anggota Polri, khususnya anggota Polwan dalam rangka HUT Polwan dan mengenalkan secara detil dibentuknya Derap Warapsari tersebut,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here