Ilustrasi

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Kaula muda atau yang kini sering disebut-sebut sebagai kaum milenial di tatar Sunda, nampaknya kurang mengenal kesenian tradisional Sunda. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan.

Melihat kenyataan tersebut, maka pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 nanti, Ketua PHBN di Kp. Kiara Payung Rw. 06 Desa Ramasari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, mengajak anak-anak usia 14 sampai 15 tahun untuk dapat lebih mengenal seni budaya Sunda. Salah satunya adalah Gondang. Permainan seni Gondang itu, terdiri dari pada alat musik kecapi, suling, gendang dan gong.

Kini nampak, setiap hari anak-anak terus berlatih dengan dibuatkan 2 kelompok perempuan dan laki – laki dengan jam latihan yang berbeda. Selanjutnya untuk membuat anak-anak mau dan antusias mengikuti latihan  dibuatkannya seperti sebuah drama Teatrikal. “ Nantinya drama ini akan ditampilkan disaat malam resepsi HUT RI Ke-74,” ucap Ketua PHBN, Eko Sampurna (30), Senin 12/8.

Eko menambahkan, dengan adanya beberapa orang yang berada di Rw 06 yang mampu memainkan alat musik tradisional, maka diyakini kesenian yang akan diperkenalkan pada anak-anak akan cepat dipahami. Sepertiadanya Kang Hendra, maka tidak terlalu sulit untuk dirinya mengajak anak anak berlatih.

“ Rencananya pada malam resepsi HUT RI nanti, selain dari pada gondang kami akan mengangkat lebih kebakat dan talenta warga seperti rampak sekar ibu-ibu, karaoke dan lainnya,” ucapnya.

Sementara Ketua RT 01/06, Yana Hadiana (37) mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan yang dilaksanakan panitia PHBN. Karena ini adalah sebuah kegiatan yg sangat positif. Selain akan mmpu mengasah talenta anak-anak dalam seni, juga tentunya sebagai cara melestarikan kesenian sunda.

“Jujur saja kalau kita lihat sudah sangat jarang yang menampilkan kesenian sunda. Ya mudah mudahan dengan seperti ini dapat kembali mengangkat seni budaya sunda, dan banyak regenerasi yang mau mempelajarinya, dan tentunya ini semua mampu berjalan karena dukungan dari  Pak Rw 06 Ujang Rujimat,” kata Yana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here