Sekretaris Jendral (Sekjen) BEM-KM UNSUR, Deder Kumba

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Demokrasi di ranah Kampus saat ini menjadi persoalan. Karena Kampus adalah kawah candradimuka bagi  orang-orang pilihan anak bangsa. Karena itu, seyogianya menjadi ujung tombak keberlangsungan suatu bangsa ini berdiri. Siapa lagi kalau bukan mereka. Sebab, mahasiswa dinilai lebih keberadaannya ditinjau dari beberapa aspek. Mereka adalah pengemban tugas dan menjadi pembeda bagi masyarakat pada umumnya.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Jendral (Sekjen) BEM-KM UNSUR, Deder Kumba. Ia mengatakan, demokrasi sudah tak asing lagi di dengar di Indonesia. Sebagaimana penganut ideologi Pancasila di negeri ini sangat tendensius dengan keberadaan demokrasi.

Secara etimologi. demokrasi ini berasal dari bahasa Yunani (dēmokratía) “kekuasaan rakyat”, yang terbentuk dari (dêmos) “rakyat” dan (kratos) “kekuatan” atau “kekuasaan” pada abad ke-5 sebelum masehi.

” Secara garis besarnya keberadaan demokrasi sangat menjunjung tinggi nilai kesetaraan bersama yang kekuasaan sepenuhnya ada pada rakyat, Selanjutnya, kekayaan politis negeri ini dihiasi dengan undang-undang yang memperkuat kebebasan rakyat sepenuhnnya,” kata Deder, Jum’at (5/10).

Selanjutnya, Undang-undang 1945 pasal 28 E ayat 3 sudah sangat jelas, kebebasan berpendapat, berkumpul dan berserikat dimuka umum sudah semestinya menjadi hak asasi manusia bagi setiap individu. Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya, Selain itu, demokrasi mengandung makna penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia.

” Bagaimna tidak, mahasiswa mempunyai ruang diskusi lebih besar, belajar lebih lama dan titik fokusnya terhadap Tridarma Perguruan Tinggi. Yakni, pendidikan, penelitian dan pengabdian, Disisi lain juga mahasiswa sebagai agen of Change (makhluk pembaharu), sosial control (sebagai mitra kritis pemerintah) dan iron stok (sebagai bahan inti mempersiapakan kader bangsa untuk kemajuan suatu negara),” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here