Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sekelompok pemuda Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur secara tegas menyatakan, pihaknya tidak terima dan tidak mengakui adanya Ketua Forum RT-RW yang kini dijabat Deden Sumirat.  

Pasalnya, para pemuda tersebut menilai, pemilihan Ketua Forum RT-RW Kecamatan Haurwangi dilakukan tidak tranparan. Tapi ditunjuk langsung oleh pihak yang memiliki kepentingan. Khususnya dalam kancah perpolitikan di Kabpaten Cianjur.

Karena itu, kelompok pemuda tersebut meminta pada pihak yang berwenang, untuk dilakukan pemilihan ulang. Kalau perlu, tandasnya, diganti oleh warga Kecamatan Haurwangi.

Tokoh masyarakat Kecamatan Haurwangi, Mahrom (50) mengatakan, setelah mendengar Ketua Forum RT-RW Kecamatan Haurwangi di Ketuai oleh Deden Sumirat, pihaknya langsung terperangah. Bahkan Mahrom langsung berang dan mempertanyakan siapa yang memilih dan yang meresponnya.

Tidak sampai disitu, Mahrom langsung mendatangi pihak Kecamatan Haurwangi dan tokoh masyarakat Haurwangi lainnya. Mahrom menyatakan, Ketua Forum RT-RW harus segera diganti. Karena hal itu membuat tanda tanya besar seluruh tokoh masyarakat Haurwangi.

” Deden Sumirat itu siapa dan orang mana, itu kan orang baru nonghol di Haurwangi, karena itu warga Haurwangi merasa kecewa dan merasa tidak dihargai, seakan di Haurwangi tidak ada lagi pigur yang mampu untuk menjadi  memimpin RT-RW,”ujarnya dengan nada tinggi.

Mahrom menegaskan, bukan artinya ia ingin menjadi Ketua Forum RT-RW Haurwangi. Tapi ingin meluruskannya. Karena masih banyak tokoh masyarakat Haurwangi yang mumpuni dan memiliki skil kepempinan. “ Seperti Gungun Gunawan, Iwan Sulaeman, Supendi, Kang Asep, Ajun, Hilal dan banyak lagi tokoh lainnya,” kilahnya.

Karena itu, Mahrom meminta pada pihak yang berwenang, agar Ketua dan pengurus  Farum RT-RW  Kecamatan Haurwangi segera ditinjau ulang. “ Ganti oleh warga Haurwangi yang mumpuni dan memiliki pengetahuan tentang historis Haurwangi,” ucapnya.

Sementara itu, Pendiri Forum Pendiri Haurwangi Asep Setiawan yang akrab disapa Kang Darul mengatakan, Deden Sumirat sebagai Ketua Forum RT-RW Kecamatan Haurwangi, pihaknya tidak setuju. Lantaran, lanjut Darul, pelaksanaan pemilihannya tidak transparan. Selain itu, Deden Sumirat tergolong orang baru di Haurwangi.

Darul menegaskan, dirinya mengetahui siapa Deden Sumirat sebenarnya. Apalagi hal itu untuk kepentingan politik Pilkada. Seharusnya menunjuk salah seorang pemimpin yang tahu karakter, budaya dan kondisi masyarakat Haurwangi itu sendiri.

Darul mengaku, baru kali ini pihaknya bicara keras untuk Hauwangi. Karena selain  sebagai pribumi juga dulu ikut serta dalam tim pemekaran Kecamatan Haurwangi dengan tokoh masyarakat lainnya.

“ Adanya Deden Sumirat sebagai Ketua Forum RT-RW, itu sudah keluar dari kontek sejarah Haurwangi,  sekarang semuanya sudah terkesan terkotak kotak. Karena itu, kami minta pada pihak pengurus Forum RT-RW Kabupaten Cianjur agar Deden Sumirat segera diganti, supaya Haurwangi kondusif dalam berbagai hal, kalau tidak mungkin akan terjadi kemelut di Kecamatan Haurwangi,” ujar Daraul, Kamis (10/09).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here