Laporan : Nana Cakrana

Purwakarta, metropuncaknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memberikan hadiah pada pemenang Piala Bupati Purwakarta dalam Kejuaraan Catur Virtual Pelajar. Kejuaraan catur yang diinisiasi pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidkan Purwakarta tersebut dilakukan secara online. Kejuaraan catur ini diikuti para pelajar se-Kabupaten Purwakarta, mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK, Selasa (10/11) lalu.

Penyerahaan piala diwakili Sekda Purwakarta, Iyus Permana di Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (12/11). Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kecintaan terhadap dunia olahraga khususnya catur. Dia pun berterima kasih pada panitia kejuaraan ini yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

” Terima kasih pada seluruh pelatih, guru, dan orang tua yang dalam pelaksanaan kejuaraan ini telah ikut partisipasi mendukung juga membantu jalannya pertandingan atlit-atlit catur pelajar Purwakarta,” ujarnya.

Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, kata dia, tak terlihat surut tekad para atlit catur pelajar ini untuk terus berkompetisi dan berprestasi. “Alhamdulillah hasil-hasilnya memuaskan dan kami mendapatkan atlit-atlit junior terbaik di bidang catur. Kami sangat apresiasi langkah baik Pengcab Percasi Purwakarta untuk menyelenggarakan kejuaraan catur pelajar dalam upaya mencari bibit-bibit atlit junior,” katanya.

Ke depan, Bupati yang akrab disapa Ambu Anne ini berharap, dari pembinaan atlit-atlit junior ini lahir atlit senior yang handal dan dapat mewakili tim Percasi Purwakarta di ajang yang bergengsi. Yakni Pekan Olahraga Daerah Provinsi Jabar di tahun berikutnya.

” Catur ini memiliki filosofi dan karakteristik yang menggambarkan jalannya kehidupan. Tercermin pada setiap bidak yang memiliki peran berbeda-beda. Jadi, setiap keputusan dan pilihan langkah akan memiliki konsekuensi tersendiri. Sehingga perlu adanya strategi dan kolaborasi yang baik agar tujuan kemenangan sesuai harapan,” ucapnya.

Selanjutnya Ambu Anne mengajak semuanya berjuang, bekerja, dan melangkah bersama. Antara Pengcab Percasi dengan Pemkab Purwakarta dalam meningkatkan pola seleksi dan pola pembinaan sampai dengan pelaksanaan kejuaraan.

“ Sehingga atlit yang dihasilkan mampu bersaing dan berkompetisi di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” tutur Ambu Anne.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here