Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur H. Cecep Alamsyah menyambut baik pelaksanaan panen raya yang dihadiri langsung Ketua MPR RI. Kegiatan tersebut diselenggarakan di area pesawahan Kampung Caringin Desa Mekarsari Kec/Kab. Cianjur Jawa Barat, Selasa (01/12).

Cecep Alamsyah kepada awak media mengatakan, panen raya kali ini merupakan sebuah keuntungan bagi kami selaku pemilik kebijakan di Kabupaten Cianjur. Kedatangan Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A ke Cianjur, sebagai pimpinan lembaga tinggi negara, mau terjun langsung menyaksikan dan secara simbolis melakukan panen raya.

” Ya, merupakan sebuah penghargaan yang tinggi bagi kami, karena  pimpinan lembaga tinggi negara mau meluangkan waktu untuk melihat langsung bagaimana situasi lapangan di Kabupaten Cianjur terutama yang berkaitan dengan potensi-potensi pertanian,” ucap Cecep Alamsyah di area pesawahan Desa Mekarsari, usai kegiatan panen raya.

Lebih lanjut Cecep Alamsyah mengatakan, dengan melihat langsung potensi-potensi pertanian di Cianjur ini, nantinya bisa mendapat gambaran yang konkrit. Bagaimana situasi dilapangan dan tentu ini sebagai bahan di pusat untuk merumuskan kebijakan-kebijakan usaha bidang pertanian.

” Sebagaimana yang disampaikan H. Bambang Soesatyo tadi, ke depan memang posisi pertanian kita menjadi salah satu unsur yang paling penting dalam menunjang kehidupan sosial dan masyarakat,” ujarnya.

Kedepannya sambung Cecep Alamsyah, pihaknya memang dituntut untuk terus aktif. Terutama mengintegrasikan data-data potensi dinas atau fungsi-fungsi yang menangani masalah ini.

” Tentunya ini akan menjadi bahan buat kami untuk memperbaiki apakah itu dari produktivitas, pengelolaan tata kelola data-data yang kami punya. Sehingga nanti kedepan akan menghasilkan atau memproduksi hasil-hasil yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Mekarsari Ujang Rahmat, juga sangat mengapresiasi kedatangan Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo S.E., M.B.A., yang sengaja datang mensosialisasikan empat pilar kebangsaan dan melihat langsung area pertanian di wilayah Desa Mekarsari.

Menurut dia, kedatangan Ketua MPR RI di desanya itu akan menjadi motivasi bagi para petani, supaya lebih semangat dalam menjalankan pertaniannya.

” Sebagai pemerintah desa, kami juga sangat mengapresiasi kepada para kelompok tani yang sudah mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan Ketua MPR RI ini. Mudah-mudahan dengan sosialisasi empat pilar ini, akan menjadi masukan supaya lebih baik menjadi ketahanan pangan di desa tani khususnya dan akan menuju pertanian yang maju,” ungkap Ujang Rahmat.

Ia menambahkan, kepada pemerintah yang diatas diperlukan adanya regulasi baru mengenai keberadaan petani. Pasalnya, hampir disetiap pedesaan saat ini sudah agak susah mencari orang yang mau mengurus sawah (petani).

Untuk di Desa Mekarsari sendiri, masih kata Ujang Rahmat sekarang ada unit Usaha Pelayanan Jasa (UPJA) yang berada di Kecamatan Bonongpicung. Nah, UPJA ini adalah suatu lembaga ekonomi perdesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan alat dan mesin pertanian untuk mendapatkan keuntungan usaha, baik di dalam maupun di luar kelompok tani/gapoktan, untuk penggunaannya bisa menggunakan SK dari dinas pertanian.

” Maka dari itu dengan adanya program bantuan pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. Diharapkan ada genarasi muda (petani millenial) yang mau terjun ke bidang pertanian,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here