Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Kab Cianjur, membludak

Laporan : Dani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca libur panjang, tepatnya sejak pertama hari kerja Senin (10/6) kemarin, terjadi penumpukan pemohon Kartu Kuning atau yang memiliki sebutan resmi Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu AK 1 di Disnakertrans Kabupaten Cianjur. Sedangkan yang paling mendominasi pemohon AK-1 adalah lulusan SMA atau fresh graduate yang ingin segera mencari kerja, Jum’at (14/6).

Di temui diruang kerjanya, Kabid Penempatan Riky Ardhi H, mengaku, pada hari pertama masuk kerja tanggal 10 Juni kemarin saja, pihaknya (Disnakertrans) sudah melayani 200 pemohon AK-1.

” Penumpukan pemohon ini sudah terjadi sejak hari pertama masuk kerja, tanggal 10 Juni 2019 kemarin. Dengan jumlah pemohonnya mencapai 200 orang. Padahal pada hari-hari biasa sekitar 30-50 pemohon saja dalam perharinya,” aku Riky.

Selanjutnya Riky menjelaskan, penumpukan itu sebenarnya terjadi karena libur panjang dan musim kelulusan sekolah saja. Baik itu SMP maupun SMA/sederajat.

” Yang paling mendominasi adalah mereka yang baru lulus sekolah baik SMP maupun SMA/sederajat yang ingin langsung bekerja. Tapi selain itu ada juga yang fresh graduate membuat AK-1. Intinya yang baru-baru saja,” jelas Riky.

Adapun yang hanya memperpanjang AK-1. itupun hanya beberapa orang saja dalam perharinya. Artinya yang memperpanjang itu tidak banyak.

Lebih lanjut lagi, Riky mengingatkan, sebentar lagi akan diadakan ‘Pameran Job Fair’. Tepatnya pada tanggal 25-26 Juni 2019, mendatang. Pihak Disnakertrans akan menggelar pameran yang didalamnya akan mempertemukan pemohon pekerjaan dengan pihak perusahan dalam acara tersebut.

” Ya, tujuannya untuk memudahkan para pencari kerja dan mengantisipasi adanya praktek percaloan. Nah, maka dari itu dengan adanya ‘Pameran Job Fair’, ini diharapkan tidak membingungkan para pencari kerja di Kabupaten Cianjur ini,” terangnya.

Upaya yang sedang dilakukan Disnakertrans saat ini, adalah sedang mencari perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan para pekerja oleh Tim Job Kampansing Disnakertrans. Yang nantinya akan buatkan pameran. Maksudnya agar para pencari kerja tinggal datang melamar ke ‘Pameran Job Fair’ yang akan diselenggarakan di lapang Prawatasari Joglo Cianjur nanti.

“ Selain itu, nantinya bagi pelamar yang diterima oleh salah satu perusahaan akan diberikan rekomendasi oleh Disnakertrans untuk mudahkan pencari kerja,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here