Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 8 orang Petugas Puskesmas Bojongpicung & petugas  Puskesmas Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur, dinyatakan positif terpapar Covid 19. Kini mereka semuanya sedang dalam perawatan khusus di Rumah Isolasi Villa Bumi Ciherang  Pacet Cianjur.

Atas adanya kejadian tersebut, Satgas Covid 19 Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang dan Kecamatan Haurwangi, respek melaksanakan Rapid Test di setiap lingkungan rumah petugas Puskesmas yang terpapar Covid 19. Selain itu, juga melakukan test swab  pada pihak keluarga dan orang lain yang pernah berhubungan  langsung dengan yang terpapar Corona.

Camat Bojongpicung Ejen Jenal Mutakin menjelaskan, pihaknya mengetahui adanya 8 orang ASN yang bertugas di Puskesmas Bojongpicung dan Puskesmas Cikondang Kecamatan Bojongpicung, terpapar Corona berdasarkan informasi dari pihak kedua Puskesmas itu sendiri.

Adapun petugas Puskesmas Bojongpicung yang terpapar Corona adalah, Is warga Desa Neglasari Bojongpicung, Je warga Perum Ciranjang Asr, Ciranjang dan Fj warga Kecamatan Cianjur.

Sedangkan petugas Puskesmas Cikondang Bojongpicung yang terpapar Corona adalah, Tn warga Desa Sindangjaya Ciranjang.  Al warga Desa Mekarsari Cianjur. Yp Warga Desa Mekarwangi Haurwangi, Ir warga Desa Sukarama Bojongpicung, Am  warga Jln Moh Yamin Kel Sayang Cianjur. Mereka sekarang seluruhnya tengah mendapat perawatan secara intensif dan diisolasi di Bumi Ciherang Pacet Cianjur.

Maka dengan adanya kejadian itu, seluruh Satgas Covid 19 di setiap Kecamatan langsung respek melaksanakan penyemprotan disinspektan dan rapid test di setiap lingkungan dekat rumah penderita Covid 19. Selain itu juga melakukan Swab bagi keluarga dan orang lain yang pernah berhubungan langsung dengan si penserita.

Ejen berharap, seluruh warga Kecamatan Bojongpicung dan sekitarnya jangan merasa cemas. Hadapi dengan tenang dan pasti. Ikuti protokol kesehatan, cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, memakai masker, jaga jarak dan berdoa.

Selain itu, Ejen telah menganjurkan pada Puskesmas Bojongpicung dan Puskesmas Cikondang, mulai 2 sampai  9 Oktober 2020 ,, untuk sementara tidak memberi pelayanan pada masyarakat. Kecuali pelayanan penting dan mendesak.

“ Sedangkan untuk pelayanan penyakit ringan, bisa dilayani di Pustu yang ada disetiap desa masing masing,” ujar Ejen. .

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bojongpicung, Heni Supenti menambahkan, ada petugas Puskesmas Bojongpicung sebanyak 3 orang yang positif terpapar Covid 19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil swab  yang dilaksanakan Satgas Covid 19 Kabupaten Cianjur.

Setelah mengetahui hal itu, sambung Heni, pihaknya langsung melaksanakan rapid test di setiap lingkungan dekat rumah petugas Puskesmas yang terpapar Covid. Hasilnya, dari 200 orang warga yang dirapid test tak seorang pun yang positif Covid.

Tidak cukup sampai disitu, pihaknya juga melaksanakan Sweb pada keluarga terpapar Corona. Terutama pada keluarga dan dan temannya yang pernah berhubungan langsung dengan penderita Covid 19. “Namun hasilnya belum bisa diketahui secara pasti sekarang, karena harus menunggu hasil lab dari Bandung,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here