Atlet Disabilitas asal Cianjur siap berlaga di Peparda V Jabar

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 30 atlet asal Kabupaten Cianjur, siap beraksi di Peparda V Jawa Barat tahun 2018 di Bogor, Rabu (31/10).

Ketua Nasional Paralympic Comite Indonesia (NPCI) melakukan Pelepasan dan Pengukuhan Atlet Peparda V Jawa Barat 2018 Kabupaten Cianjur’.

Sebelumnya, selama 6 bulan ke belakang, para atlet sudah digembleng mengikuti pelatihan dan melakukan pembinaan untuk kegiatan  tersebut. Intinya, persiapan untuk mengikuti Peparda V Jawa Barat tahun 2018, telah dilakukan secara maksimal.

Namun sangat disayangkan setiap pergerakan mereka, sedikitpun tidak dibekali bantuan anggaran dari pemerintah daerah. Baik dari Bupati Cianjur maupun dinas terkait. Padahal prestasi yang mereka raih sudah mengangkat nama Cianjur, di kancah Nasional maupun Internasional melalui cabang olahraga Paralympic.

Satu diantaranya Ajang Zainal Abidin asal Cipanas, Cianjur yang pernah mengikuti dan menjuarai cabor tenis meja di Asean Paragame di Malaysia.

” Kami sama sekali tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, baik dari Bupati Cianjur langsung maupun dinas instansi terkait. Sekarang saja untuk  mengikuti pelaksanaan Peparda V 2018 di Bogor, dari mulai peralatan sampai akomodasi, saya tanggung sendiri, murni tanpa bantuan pemerintah sepeser pun,” ungkap Asep Hermawan Ketua NPCI Kabupaten Cianjur di sekretariat NPCI di Jalan Gatot Mangkupraja Cikukulu Nagrak Cianjur.

Asep melanjutkan, untuk tahun ini, sebanyak 18 Atlet, 6 Offisial dan 6 pelatih, akan di berangkatkan ke Bogor untuk mengikuti Peparda V. Adapun cabang olah raga yang kami ikuti empat cabang olah raga. Diantaranya atletik, bulu tangkis, catur dan Tenpin bowling. Ditargetkan bisa membawa 10 emas, 10 perak dan 10 perunggu, tuturnya.

Asep berharap, dengan pembuktian keberhasilan mengikuti cabor di tingkat Nasional dan Internasional, bisa menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Cianjur, sehingga ada kesejahteraan bagi para atlet-atlet disabilitas dibawah naungan NPCI Kabupaten Cianjur, atau paling tidak ada anggaran untuk pemeliharaan kelangsungan pengurus (sekretariat) NPCI itu sendiri.

Ditemui terpisah, Rahmat Permana Sekretaris NPCI Kabupaten Cianjur menambahkan, pihaknya selaku NPCI Kabupaten Cianjur, telah melakukan pelepasan atlet NPCI dalam rangka mengikuti event Peparda V tahun 2018 di Kabupaten Bogor.

Diakuinya, untuk membangkitkan semangat  atlet-atlet ini, pihaknya membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah, untuk meraih prestasi di bidang olahraga disabilitas ini, akunya.

“ Harapan saya, semoga dengan adanya Peparda V ini, Pemerintah Kabupaten Cianjur dapat meningkatkan perhatian kepada NPCI Kabupaten Cianjur dalam rangka memupuk, membina dan meraih prestasi yang setinggi-tingginya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here