Laporan : Sam Apip/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Musim kemarau yang berkepanjangan berdampak pada sulitnya air bersih, menggugah jajaran MUI Kecamatan, Muspika Haurwangi, para Kepala Desa dan masyarakat setempat, menggelar shalat Istisqa (minta diturunkan hujan) di tempat parkir Wana Wisata Poklan, Haurwangi, Cianjur, Selasa (24/09).

Kurang lebih sebanyak 1500 jamaah (laki-laki dan perempuan), dari desa-desa seKecamatan Haurwangi, mengikuti prosesi shalat Istisqo yang diteruskan dengan shalat asyar berjamaah. Pelaksanaan berjalan dengan tertib, aman, lancar  juga hidmat. 

Ketua MUI Kecamatan Haurwangi, Kh Asari Yusuf menjelaskan, dilaksanakannya shalat Istisqo secara berjamaah di tempat yang lapang, itu merupakan suatu syarat berdoa pada Allah SWT, untuk meminta segera diturunkan hujan. 

“Tapi mungkin, akan lebih baik lagi cara berdoa untuk minta segera diturunkan hujan, tiada lain dengan melakukan berdzikir pada Allah SWT, setiap saat dan setelah melaksanakan shalat 5 waktu,” paparnya. 

Shalat Istisqo tersebut dilakukan, tiada lain karena di diwilayah Haurwangi sudah lama tidak turun hujan, sehingga sudah sulit untuk mencari air bersih, kecuali hanya ada air bersih di genangan sungai citarum, itu pun sudah sedikit tersemar dengan berbagai kotoran dan sampah gulma. 

“Jika Allah Swt mengabulkan permintaan kami, diturunkan hujan maka seluruh warga Kecamatan Haurwngi, tidak lagi kesulitan air dan sungai Citarum, akan terlihat indah sesuai dengan program Citarum Harum,” ucap Asari Yusuf. 

Sementara itu, Camat Haurwangi, Iwan Karyadi, menambahkan, dilaksanakannya shalat Istisqa di lapangan parkir Wana Wisata Poklan, yang dihadiri para ustadz, tokoh masyarakat yang datang dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Haurwngi dan warga setempat. 

“Berkat kekompakan dan kebersamaan inilah, semoga saja Allah SWT, cepat mengabulkan permintaan makhluknya, untuk segera menurunkan hujan. Karena di wilayah Haurwngi sudah benar – benar kesulitan air bersih,” Ucap Iwan Karyadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here