Para guru dan kepala sekolah mengikuti Pembina Pamuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML) di Wana Wisata Pokland

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 150 orang guru SD, SMP  dan SMA yang datang dari 15 Kecamatan, mengikuti Kursus Pembina Pamuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan Pendidikan Kecamatan Haurwangi, Cianjur.

Pelatihan tersebut, dilaksanakan selama 7 kali pertemuan, tiap hari Sabtu dan Minggu. Pertemuan dlakukan didalam ruangan dan diakhiri pelatihan materi praktek dengan dilaksanakan camping bersama pada Jumat, Sabtu dan Minggu (21s.d 23/9). Ada pun lokasinya di Wana Wisata Poklan.

Ketua Panitia Pelatihan KMD & KML, Haurwangi, Sutarko (50) menjelaskan, pelaksanaan KMD di Haurwangi,  itu dibagi dua kelompok pelatihan.  KMD Kelompok Pembina Siaga dan pembina penggalang sebanyak 79 orang dan peserta KML hanya satu kelompok yang diikuti sebnayak 56 orang peserta. Jadi jumlah keseluruhan sebanyak, 150 orang peserta yang datang dari 13 kecamatan. Mereka terdiri dari guru ASN, dan kepala SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Cianjur,  kecamatan yang ada di Bangung Barat dan beberapa orang guru dari Kabupatem Purwakarta.

Melihat cukup banyaknya peserta kursus KMD dan KML tersebut, karena di Kabupaten Cianjur sudah lama tidak mengadakan pelatihan kursus pembina pramuka mahir dasar maupun mahir lanjut. Selain itu di seluruh tingkatan sekolah mulai dari TK/PAUD sampai dengan SMA yang ada di Kabupaten Cianjur,  ekstrakulikuler kegiatan  pramuka cukup aktif. Hingga perlu adanya guru pembina pramuka yang berpengalaman dan berkualitas. Untuk itu diadakan pelatihan Kursus Mahir.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan itu, gerakan pramuka di Kabupaten Cianjur, kedepannya lebih maju dan bekembang. “ Sesuai dengan harapan semua pihak dan program kedisiplinan anak didik benar terangkat dengan baik,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here