Para pendidik di SDN Sukamulya Takokak Cianjur

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Akreditasi merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan pemerintah melalui lembaga terkait yag berwewenang. Hal itu dilakukan untuk menentukan kelayakan program satuan pedidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal. Termasuk pada setiap jenjang, jenis pendidikan, berdasarkan kreteria yang telah ditetapkan.

Seperti halnya, SDN Sukamulya Kecamatan Takokak, Cianjur, pada Senin (3/9) sampai Selasa (4/9) akan kedatangan Tim Penilai Akriditasi Sekolah dari Bogor. Karena itu, jauh sebelumnya pihak sekolah terlihat sibuk membenahi berbagai administtasi dan fasilitas pendidikan sekolah yang sekiranya belum lengkap segera dilengkapi.

Kepala SDN Sukamulya, Kecamatan Takokak, Sutini (55) menjelaskan, SDN Sukamulya memiliki jumlah siswa sebanyak 205 orang. Mereka diasuh 9 orang tenaga pengajar dan 1 orang Kepala Sekolah. Tiap tahunya hampir 100 persen pelajar SDN Sukamulya meneruskan sekolah ke jenjang berikutnya, ke SMP, Negeri,  MTs dan sebahagian kecil meneruskan ke Pondok Pesantren. Karena itu, diharapkan, SDN Sukamulya mendapatkan nilai yang memuaskan sesuai dengan harapan semua pihak.

Sebab, dengan menyandang nilai akreditasi yang memadai, maka sekolah tersebut dianggap legalitasnya cukup baik. Karena nilai akrediatsi akan mempengaruhi pada berbagai program pendidikan dimasa yang akan datang. Selain itu juga berpengaruh pada guru dan siswanya itu sendiri.

“ Mengenai kedatangan tim penilai akreditasi, kami bersama seluruh orang tua siswa, seluruh guru, komite dan tokoh masyarakat, sudah siap menerima kedatangan Tim Akreditasi dari Bogor,” tutur Sutini.

Sementara itu, Pengawas Binaan SDN Sukamulya, Sudarman (54) menambahkan, dengan akan datangnya tim akriditasi ke SDN Sukamulya, Kecamatan Takokak, selama dua hari, itu menandakan SDN yang ada di Takokak sejajar dengan SD lainnya yang ada diperkotaan.

Hingga kedepannya, kualitas pendidikan di desa dan di kota akan sejajar dan memiliki nilai yang sama. Karena salah satu diantara peningkatan kualitas pendidikan yaitu adanya akreditasi sekolah. Maka dengan adanya akreditasi. Berarti sekolah tersebut memiliki nilai plus dibanding sekolah yang belum terakreditasi.

“ Kami berharap, SDN Sukamulya mendapat nilai akriditasi sesuai hatapan semua pihak,” harap Sudarman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here