Nampak murid SDN Jambudipa 1 sedang belajar membaca Alquran dibawah bimbingan gurunya

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – SDN Jambudipa I di Komplek Lapang Jagaraksa, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, memiliki jumlah murid kurang lebih sebanyak 500 orang lebih. Dalam kegiatan belajar mengajarnya, sekolah ini dibantu 22  orang guru ASN dan guru Sukawan.

Selain tiap hari aktif melaksankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bidang studi umum. Selain itu juga setiap Jumat dan Sabtu pagi melaksanakan praktek  keagamaan. Seperti membaca Surat Yasin, Shalat Duha dan praktek keagaman lainnya. Kegiatan praktek keagamaan tersebut, dipandu langsung guru Pendidikan Agama Islam (PAI) beserta guru gelas lainnya.

Guru PAI SDN Jambudipa I, Hj. Tati Suryati menjelaskan, praktek membaca Al-quran Surat Yasin dilaksanakan tiap Jumat padi sebelum siswa melaksanakan KBM dan dilaksanakan secara serempak mulai dari kelas III sampai dengan kelas VI. Sedangkan pembacaan Alquran tersebut,  dilaksanakan di teras depan bangunan sekolah.

Tiadak hanya itu saja, seluruh siswa tiap Sabtu pagi secara rutin melaksanakan praktek shalat duha dan praktek ibadah lainnya. Hal itu dilakukan selain adanya petunjuk dari Kepala Sekolah juga supaya  seluruh siswa terbiasa membaca ayat suci Al-Qur’an, shalat duha dan melaksanakan praktek ibadah lainnya, hingga terbiasa  dan melekat sampai dewasa nanti.

Kegiatan praktek ibadah tersebut, didukung penuh seluruh orang tua siswa, hingga banyak yang mengapresiasi. Karena terlihat karakter dan sikap anaknya banyak perubahan. “ Utamanya cara membaca surat Yasin dan melaksanakan shalat 5 waktu dan shalat duha di rumahanya masing – masing.” Jelas Hj Tati.

Sementara itu, Kepala SDN Jambudipa I, Hj. Dedeh Kurniasih menambahkan, berkat kekompakan seluruh tenaga pengajar, ternyata praktek ibadah tersebut, banyak orang tua siswa yang mengapresiasi. Bahkan para orang tua siswa minta jangan putus melainkan harus terus dilaksanakan secara rutin tiap Jumat dan Sabtu. Karena hal tersebut mampu merubah karakter dan sikap siswa.

Dedeh Sukaesih berharap, SDN Jambudipa I kedepannya mampu sejajar dengan SDN lain yang dianggap sudah maju di Kabupaten Cianjur.  “ Semua itu bisa terwujud dengan kerja keras, semangat dan pantang menyerah,” tutur Dedeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here