Berbagai cara dilakukan SDN Cipetir 2 untuk meningkatkan minat baca siswa

Laporan : Agus Hw

Cianjur, metropuncaknews.com – Membaca adalah hal yang sangat penting untuk dapat menambah pengetahuan. Karena itu, SDN.Cipetir 2 yang berada di Kp. Haurwangi RT 3/5 Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, dengan berbagai cara terus meningkatkan minat baca siswanya. Walau pun masih banyak kekurangan fasilitas yang dimiliki di perpustakaannya.

Hasilnya terbilang cukup memuaskan. Terpantau, kini mulai banyak siswa yang menyukai membaca dan menyadari pentingnya membaca. Bahkan, bukan hanya buku buku pelajaran saja yang mereka baca, berbagai buku cerita yang dipersiapkan pengelola perpustakaan menjadi incaran siswa untuk dibaca.

Seperti yang dikatakan Nurhayati pengelola perpustakaan SDN Cipetir 2. Sekarang mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 setiap harinya ada saja yang datang ke perpustakaan untuk meminjam buku.

” Ya minimal sehari sekitar 200 siswa,” jelasnya.

Menurut dia, buku tersebut ada yang langsung mereka baca di ruang perpustakaan dan ada juga yang dibaca di kelas. “ Namun tak sedikit ada juga yang dibawa ke rumah,” tutur Nurhayati kepada awak media, Rabu 2/5.

Sementara, Kepala SDN Cipetir 2, Endang Rahmat S.Pd mengatakan, untuk meningkatkan minat baca anak, memang butuh berbagaicara yang harus dilakukan. Apalagi di SDN Cipetir 2 sudah diberlakukan ajaran kurikulum 2013, walau pun hanya baru untuk kelas 1 dan kelas 4. Karena itu, pihaknya terus meningkatkan minat baca siswa agar terus bertambah pengetahuannya.

Meski pun dikurikulum 2013 ada yang disebut dengan kegiatan literasi. Hal itu dilaksanakan sebelum belajar dengan waktu sekitar 15 menit. Biasanya anak-anak mempergunakan waktu tersebut untuk membaca. Karena ada pojok baca dan kadang juga yang pergi ke perpustakaan. S

Selain dengan cara mengajak untuk meningkatkan minat baca siswa, terkadang untuk lebih memberikan motifasi, pihaknya berkali-kali suka memberikan sebuah reward. Sedangkan untuk sarana prasarana perpustakaan, seperti rak dan bangunan, sebenarnya memang masih banyak yang kurang. “ Tapi ya mudah mudahan nanti ada dari pihak terkait yang membantu untuk membenahi semua kekurangan fasilitas itu,” ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here