Reporter : Yani Iriani

Cianjur, metropuncaknews.com –  Menghasilkan siswa-siswi berprestasi adalah tujuan setiap sekolah dalam menggembleng anak didiknya. Demikian diungkapkan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bojongherang Cianjur, Ucu Fatimah, S.Pd, saat bincang-bincang dengan metropuncaknews.com di ruangan kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Ucu mengatakan, sebagai Kepala Sekolah dituntut harus punya ide-ide positif dalam mendidik muridnya agar mampu berprestasi. Namun lanjut Ucu, cara apa pun yang dilakukan tidak akan terwujud tanpa ditunjang sarana prasarana dan anggaran.

“ Karena, salah satu tujuan mendidik adalah agar siswa-siswi  berprestasi. Tapi tentunya, semua itu akan berhasil jika ditunjang dengan sarana prasarana dan anggaran yang memadai,” tutur Ucu.

Selanjutnya Ucu menerangkan, ia menjadi Kepala SDN Bojongherang pada 23 Oktober 2017. Saat itu komplek SD Bojongherang telah dilebur jadi satu sekolah, yaitu SDN Bojongherang.

Dulu, lanjut Ucu, di komplek SD Bojongherang yang berlokasi di Jalan Otista No. 18 Kec/Kab Cianjur, ada empat sekolah. Yakni, SDN Bojongherang I, SDN Bojongherang 2, SDN Buniwangi dan SDN Bojongherang 4.

Namun untuk pemerataan peserta didik dan antisipasi masalah kekurangan PTK di Kabupaten Cianjur serta agar lebih efisien dan efektif dalam penyelenggaraan pendidikan dasar, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan menyatukan ke empat sekolah tersebut jadi SDN Bojongherang.

Karena itu, jumlah siswa di SDN Bojongherang terbilang cukup banyak. Yaitu 528 siswa-siswi. Sedangkan tenaga pendidik yang ada di SDN Bojongherang, tercatat ada 26 orang yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibantu dengan tenaga honorer/Sukwan sebanyak 22 orang.

Untuk kegiatan belajar mengajar, SDN Bojongherang memiliki 18 ruang belajar. Selain itu ada juga rungan kepala sekolah, ruangan guru, ruangan koperasi dan toilet.

Menurut Ucu, dengan bangunan dan ruangan yang ada di SDN Bojongherang tersebut, sudah dapat menunjang kelancaran belajar mengajar. Hanya kondisi bangunannya sudah cukup memprihatinkan. Pasalnya, sudah cukup lama bangunan SDN Bojongherang tak pernah diperbaiki.

“ Karena itu kami sangat mengharapkan, pemerintah dan Kementerian Pendidikan, baik tingkat daerah, provinsi mau pun pusat, dapat segera mengucurkan bantuan untuk renovasi bagunan SDN Bojongherang,” ujar Ucu, penuh harap.

Ucu yakin dan optimis, dengan bangunan sekolah yang prima, visi misi SDN Bojongherang dapat tercapai. Yaitu, Visi : Terwujudnya peserta didik yang cerdas, unggul, berkarakter dan berakhlaqul kharimah.

Ada pun misinya adalah, 1. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan. 2. Mengembangkan bidang Iptek. 3. Membina kemandirian serta 4. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama.

Disinggung tentang prestasi yang telah diraih SDN Bojongherang, Ucu mengatakan, beberapa prestasi yang membanggakan pernah diraih siswa-siswinya. Pada Tahun 2018 saja, pernah meraih beberapa kejuaraan. Diantaranya, 1. Sapta Lomba PAI Tingkat Kecamatan, Juara 1 Kaligrafi Putra, diraih M. Abdul Halim. 2. Sapta Lomba PAI Tingkat Kecamatan, Juara 1 MHQ diraih Vinnie Rahma. 3.Sapta Lomba PAI Tingkat Kecamatan, Juara II Kaligrafi Putri diraih Ismi Choerrunnisa. 4. Pada MTQ Tingkat Kecamatan, Juara 1 MHQ Putri a.n Vinnie Rahma. 5. Juara 1 MTQ Putra a.n Mufti Labib Bafaqih serta Juara III Karate Putri diraih Adillah Zerlin Mumtaz.

Selanjutnya di tingkat kabupaten, siswa-siswi SDN Bojongherang berhasil meraih Juara II Pembacaan UUD 1945 Tingkat SD a.n Vinnie Rahma. Juara I Kaligrafi Putra diraih M. Abdul Halim. Juara I MHQ Putri yang kembali diraih Vinnie Rahma. Juara II MIPA diraih Putri A Setiawan. Juara II Bacaan Surat Pendek diraih Vinie Rahma. Juara I Pidato 7 Pilar Budaya disabet Alisya Putri N serta Juara II Lomba IPA yang diraih Nurhally.

Tak hanya itu, di tingkat provinsi dan nasional pun, siswa-siswi SDN Bojongherang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Yaitu, Juara I Karate yang diraih Adillah Zerlin Mumtaz. Kemudian di tingkat nasional, Juara I Kata Perorangan Putri Pra Udin, Juara I Kata Beregu Putri Usia Dini dan Juara III Komite All Class Putri Pra Udin  yang semuanya itu disabet Putri A Setiawan. Juara I Kata Beregu Putri Pemula diraih Faradila Azzahra dan masuk nominasi 10 besar Seleksi Pemain Nasional yang diraih Muhammad Reyhan dan Ramadhan Putra.

Mengakhiri perbincangannya dengan metropuncaknews.com, Ucu menegaskan, selama dirinya sehat, kuat dan mampu, ia akan mendarmabaktikan dirinya pada dunia pendidikan.

“ Semoga harapan saya itu dapat terkabul agar dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Cianjur lebih maju hingga mampu mencetak peserta didiknya yang cerdas, unggul, memiliki daya saing yang tinggi serta berakhlaqul kharimah,” pungkasnya.

Guru-guru SDN Bojongherang & siswa-siswinya yang berhasil meraih prestasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here