Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Petugas Kebersihan Keindahan dan Ketertiban (K3) Cipanas kewalahan saat menggelar opsih secara rutin pasca banjir cukup besar di kawasan jalur protokol Cipanas, Minggu (05/04) kemarin.

Hal itu tentunya membuat petugas K3 merasa sangat lelah. Pasalnya tumpukan sampah tidak seperti hari-hari biasanya. Terlihat pasca banjir tumpukan sampah dijalur nasional bervolume hampir mencapai satu ton.

Koordinator K3 Cipanas, Dede Ichsan mengatakan, Senin (06/04), adanya banjir yang melanda Cipanas khususnya di jalur protokol ini, jelas membuat terjadinya peningkatan volume sampah.

” Tumpukan sampahnya sekitar satu ton. Itu hanya di jalur protokol saja sisa banjir kemarin,” katanya.

Lanjut Dede, petugas yang turut serta mengevakuasi sampah itu, ada dari Dinas Lingkungan Hidup, K3, dan tim rumah singgah sampah.

” Kalau tangani sampah banjir di lapangan, kami kerjasama dengan sejumlah unsur terkait,” ujarnya.

Dede berharap, masalah banjir yang sering melanda ini bisa segera teratasi. Sehingga tak banyak yang dirugikan, termasuk para petugas di lapangan pun yang menangani sampah usai banjir ini menjadi cukup kerepotan dan keleahan.

” Mudah-mudahan saja tidak ada lagi banjir. Karena membersihkan sampah dan angkutnya pun cukup repot,” katanya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Sumarna mengatakan, peningkatan volume sampah pasca banjir di sejumlah wilayah, pasti ada. Hanya secara data resmi per hari ini (Senin, red) pihaknya belum bisa memastikan.

” Kalau data valid peningkatannya belum ada. Tapi menurut pengalaman biasanya, jika ada banjir itu bisa nambah sekitar satu truk. Atau kurang lebih tiga hingga empat ton,” terangnya.

Sumarna menambahkan, volume sampah perhari yang tercatat DLH, berkisar 170 ton. Banyaknya sampah tersebut dihasilkan dari berbagai wilayah layanan yang ada di Kabupaten Cianjur.

” Dalam seharinya sampah bisa menvapai 170 ton, dari setiap wilayah operasional pengangkutan ” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here