Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Satu unit bangunan rumah ambruk dan puluhan bangunan rumah lainnya rusak akibat disapu angin buting beliung yang disertai hujan lebat, Jumat (18/6 /2021) sekira pukul 14.00 WIB.

Puluhan rumah yang rusak tersebut,  milik warga Kampung  Bojongsawah, Lemburtengah dan milik warga kampung lainnya yang  ada di Desa Cisarandi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Cisarandi U. Badrudin mengatakan, pasca terjadinya bencana alam puting beliung yang disertai hujan lebat kemarin sore, pihaknya bersama Babinkamtibmas, Babinsa dan aparat desa setempat, melakukan peninjauan ke setiap lokasi kejadian.

Hasil pendataan dilapangan pihaknya mencacat satu unit rumah milik Aep warga Kampung Bojongsawah mengalami rusak berat. Karena seluruh atap bangunan rumahnya  terbang sejauh 20 meter dan menimpa bangunan rumah milik tetangganya.

Selain itu, sebanyak 20 unit bangunan rumah milik warga lainnya beserta tempat ibadah mengalami rusak ringan. Diantaranya rumah milik Bunyamin, Ece Besot, Guden, Endri, Awan Juandi, Oding, Endeh dan milik warga lainnya.

Pada kejadian bencana alam tersebut, tidak ada korban jiwa. Hanya 20 Kepala Keluarga (KK) menderita kerugian material kurang lebih senilai puluhan juta rupiah. “ Kejadian tersebut telah dilaporkan pada Pemkab Cianjur,” ucap U. Badrudin pada awak media, Sabtu (19/6/2021).

Sementara itu, salah seorang warga yang atap rumahnya terbang, Aep (42) mengatakan, ketika terjadinya angin puting beliung yang disertai hujan lebat, ia bersama keluarganya sedang berada di dalam rumah.

Namun saat atap rumah terbang disapu angin beliung. langsung lari berhamburan keluar rumah, sambil menjerit minta tolong pada orang lain. Meski demikian adanya, pihaknya merasa bersyukur. Karena keluarganya tidak ada yang menjadi korban.

Sekarang pihaknya bersama keluarga untuk  sementara mengungsi di rumah saudaranya yang tak jauh dari rumah miliknya. ” Untuk sementara saya bersama keluarga ikut tinggal di rumah milik saudara saya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here