Pocil membentuk perwatakan tertentu

Laporan Yatiman

Cimahi, metropuncaknrws.com – Satlantas Polres Cimahi Unit Dikyasa laksanakan kegiatan Dikmas Lantas Police Goes To School Polisi Sahabat Anak (PSA) ke SD SANTA MARIA – SANTO YUSUF dan SDN Mandiri 1 Cimahi. Hal tersebut dilakukan dalam rangka edukasi Sosialisasi Road Safety dan Transportasi Sehat Merakyat (TSM) serta Menampilkan Pocil Polres Cimahi.

Kegiatan itu di laksanakan di Lapangan SD Santa Maria Santo Yusuf Baros Kota Cimahi, Selasa (26/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi Iptu Deden Indrajaya, SH, Kepala Sekolah SD Santo Yusuf Etik S.Pd, Petsonil Unit Dikyasa Polres Cimahi, guru pendamping SDNMandiri 1Cimahi 2 orang,  Budi,S.Pd, para guru pembimbing SD Santa Maria – Santo Yusuf 5 orang,

Peserta Pocil Polres Cimahi dari siswa-siswi SDN Mandiri 1Cimahi sebanyak 16 orang. Peserta siswa-siswi dari SD Danta Maria Santo Yusuf Cimahi Kelas 3-5 sebanyak 250 orang.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yaitu Road Safety (Keselamatan berlalu lintas) sejak dini dengan pengenalan rambu-rambu lalu lintas (Rambu Larangan, Peringatan, Perintah & Petunjuk), Marka Jalan, JPO, APIL & Camejasa.

Memberikan motivasi dengan pemahaman baris-berbaris adalah suatu wujud latihan fisik. Hal itu diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup masyarakat yang diarahkan kepada anak untuk terbentuknya suatu perwatakan tertentu (Pocil)

Sosialisasi Kamseltibcarlantas sejak usia dini tentang Faktor Penyebab Kecelakaan (Faktor Manusia, Kendaraan, Jalan & Cuaca). Menghimbau pihak sekolah, para guru maupun siswa/i SD SANTA MARIA – SANTO YUSUF dan SDN Mandiri 1 Cimahi untuk mengajak orang tua siswa/i dan anak didiknya supaya dapat menggunakan Transportasi Sehat Merakyat (TSM)

Kasatlantas Polres Cimahi Akp Suharto dalam sambutanya melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi mengatakan, kegiatan Police Goes To School PSA merupakan sinergitas antara Diknas/Sekolah dengan Polri. Yaitu dalam rangka pembinaan dan edukasi pendidikan lalu lintas terhadap anak sejak usia dini mengenalkan Dasar PBB, pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas;

” Untuk mengenalkan kepada anak tentang tugas Polisi dan mengajarkan anak agar tidak takut akan sosok Polisi, terbentuk generasi bangsa yang patuh dan taat akan aturan lalu lintas dan disiplin dan kegiatan tersebut bertujuan  untuk meningkatkan disiplin dan mencegah serta mengurangi kemacetan lalu Lintas, mencegah polusi udara, hirup udara sehat, hidup sehat dan meminimalisir laka lantas,” kata Deden .

Masih menurut Kanit Dikyasa, kegiatan itu juga bertujuan untuk membentuk  perilaku berlalulintas yang tertib. Beretika, berkarakter, bermutu dan budaya berlalu lintas yang Aman, Santun, Selamat, Tertib dan Lancar. Hal itu diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari berkeselamatan sejak usia dini serta mendorong murid SD sebagai duta keselamatan berlalu lintas. Selain itu, juga untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, sehingga dengan demikian menanamkan rasa tanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here