Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif 320 /Badak Putih Kodam III/Siliwangi menerima penyerahan senjata rakitan secara massal

Laporan : Yatiman

Kalbar, metropuncaknews.com – Pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 73, Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif 320 /Badak Putih Kodam III/Siliwangi menerima penyerahan senjata rakitan secara massal. Senjata rakitan ersebut diterima Satgas Pamtas RI-Malaysia di Desa Sei Seria Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten  Sintang Kalbar, Jumat (17/8).

Senjata yang diserahkan warga secara massal tersebut berupa senjata rakitan laras panjang jenis Bomen sebanyak 27 pucuk dan senjata laras pendek sebanyak 2 pucuk.

Atas penyerahan senjata tersebut, Dansatgas Yonif 320/BP menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Puring  yang telah menerima keberadaan Satgas  dengan baik dan dengan sadar dan ikhlas rela menyerahkan senjatanya kepada Satgas Yonif 320.

Dansatgas Yonif 20/BP menghimbau, bagi masyarakat yang masih memilikan  senjata agar segera menyerahkannya. “ Karena senjata sangat berbahaya apabila dimiliki secara bebas. ” jelasnya.

Sementara Tumenggung Langau, Dusih   menyatakan, dengan adanya Satgas Yonif 320/BP di wilayahnya, warga merasa aman. Selain itu, pihaknya sudah jauh-jauh hari menginformasikan pada masyarakat yang memiliki senjata agar menyerahkan kepada petugas.

” Selain itu Satgas Yonif 320/BP sudah banyak membantu masyarakat dengan  kegiatan karya bakti dan pengobatan massal, sehingga masyarakat malu dan dengan ikhlas memberikan atau menyerahkan senjata – senjata rakitan yang dimiliknya kepada Satgas Yonif 320/Badak Putih,” kata Dusih.

Selanjutnya Satgas Yonif 320/BP membuat berita acara penyerahan senjata dan  kemudian mengamankan barang bukti tersebut di Pos Sei Seria dan Pos Seimawang 2.

Penyerahan senjata-senjata tersebut secara massal bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018. Tentuya ini merupakan sejarah bahwa masyarakat menyerahkan senjata pada momentum peringatan HUT RI.

Total senjata yang sudah diteriman  Satgas Yonif 320/BP sejak Juni 2018 hingga sekarang berjumlah 61 pucuk. Terdiri dari 53 senjata laras panjang dan 8 pucuk senjata laras pendek. (Sumber : Pendam III/Siliwangi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here