UNtuk lebif dekat dengan masyarakat perbatasan, Satgas Yonif 315/Garuda menyelenggarakan Pesantren Kilat bagi anak-anak

Liputan : Yatiman

Merauke, metropuncaknews.com – Pesantren Kilat adalah pesantren yang diadakan dalam waktu singkat. Ini merupakan suatu kegiatan yang positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada anak- anak usia dini.

Melaluu kegiatan pesantren kilat pula dapat memberi akhlakul karimah. Hingga anak pada orang tua hormat dan anak-anak tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Menyadari akan hal itu, Satgas Yonif 315/Garuda memiliki tanggung jawab untuk membina dan mendidik anak-anak diperbatas yang beragama Islam. Maka pada bulan Ramadhan 1439 H ini juga membuat kegiatan pesantren kilat. Salah satunya kegiatannya dilakukan di kampung binaan Pos Bokem Distrik Neukenjerai Kabupaten Merauke.

Berita yang dikutip dari kumparan.com, kegiatan ini diprakarsai oleh Danpos Bokem Satgas Yonif 315/Grd Lettu Inf Yudha Hanggara. Pada Kamis (31/5) kegiatan dimulai dengan materi diantaranya, perlombaan adzan, hafalan surat-surat pendek, hafalan rukun Iman dan rukun Islam. Kegiatan tersebut membuat anak – anak sangat antusias mengikutinya. Sedangkan pengisi materi dan juri pada perlombaan diambil dari para Prajurit Satgas Pos Bokem.

Sementara Yudha mengatakan, disamping untuk memperkenalkan kepada anak-anak usia dini juga menjadikan Masjid sebagai wadah menpersatukan umat dalam memberikan pendidikan Agama Islam sejak dini untuk membentengi akhlak dan moralnya.

Selain itu, kegiatan ini bisa menjadi tempat silaturahmi dan menambah kedekatan antara anggota Satgas Yonif 315/Grd dengan masyarakat. Kemudian untuk anak yang terbaik diberikan hadiah dari penyelenggara.

Sujianto selaku pengurus Mushola Al – Hidayah mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Satgas Yonif 315/Garuda yang telah mengadakan kegiatan pesantren kilat bagi anak-anak. Karena selama ini tidak pernah ada kegiatan pesantren kilat di kampung ini.

Dan Satgas Yonif 315/Garuda Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, S.E mengatakan, seluruh jajaran Satgas Yonif 315/Grd diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan positif. Seperti pesantren kilat, safari Ramadhan, pembagian takjil gratis, tadarusan, lomba adzan dan menghafal Alquran selama bulan Ramadhan ini.

“ Adapun tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME bersama masyarakat di wilayah Merauke “, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here