Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Satgas Citarum Harum Sub V Sektor XII Ciranjang Kabupaten Cianjur, kerja bareng dengan masyarakat Cibogo Desa Mekargalih. Yaitu membersihkan sampah yang menggunung di sekitar bantaran kali Ciranjang. Tepatnya di Kampung Cibogo RT 04/01 Desa Mekargalih, Senin (15/2-2021)  

Tidak cukup sampai disitu, sampah yang berserakan ditengah kali Ciranjang dibersihkan pula. Hingga di sepanjang kali Ciranjang terlihat bersih dan nyaman dipandang.

Salah seorang Satgas Citarum Sub V Sektor XII Ciranjang yang saat itu menjadi pimpinan regu pembersihan sampah Serka Sirojudin (48) menjelaskan, membersihkan sampah rumahan maupun sampah alami yang berserakan dan menumpuk di bantaran sepanjang kali Ciranjang,  dilaksankan gotong royong dengan masyarakat RT 04/01

Karena membersihkan sampah tersebut, bukan hanya tugas Satgas Citarum Harum saja, melainkan tugas semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri. Karena itu diharapkan, masyarakat tidak membuang sampah ke kali, sungai, irigasi, selokan atau membuang di bantaran sungai.  

Karena kebiasaan buruk membuang sampah dikali dan di bantaran kali Ciranjang itu, nantinya akan menjadi petaka pula bagi masyarakat yang ada di lingan itu sendiri. Baik secara kesehatan maupun bencana alam yang dapat merugikan semua pihak.

Karena itu, kedepannya di sekitar bantaran kali Ciranjang, khususnya di Kampung Cibogo akan dibangunkan bak sampah yang cukup besar. “ Supaya sampah yang dibuang masyarakat tidak berserakan dan tiap hari dibakar,” ucap Sirojudin, Selasa (16/2-2021).

Ketua RT 04/01,. Bah Ami Supriatna (45) menambahkan, dengan dilaksanakannya gotong royong membersihkan sampah yang menggunung di bantaran dan di tengah kali Ciranjang, pihaknya mengucapkan terima kasih pada Satgas Citarum Harum Sub V Sektor XII. Ciranjang.

Karena bau tidak sedap yang dihirup tiap hari sekarang sudah hilang. Selain itu, saluran air kali Ciranjang dan bantarannya terlihat bersih. Hingga indah dipandang. “ Kami berharap pada seluruh warga RT 04 /01 Kampaung Cibogo tidak membuang sampah ke tengah kali maupun di bantaran kali Ciranjang,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here