Laporan : Dwi

Kab. Tanah Datar, metropuncaknes.com – Event Maestro Talk Silek Minangkabau yang digelar di Kota Batusangkar, Minggu (11/11) kemarin, tidak hanya sukses dari segi silatnya saja, tetapi juga sukses dari penampilan musik tradisionalnya. Seperti dari sanggar seni Marak Mudo Pagaruyung.

Sanggar yang dipimpin Roni Fernando ini, menampilkan jenis musik tradisional Minangkabau. Seperti Saluang, Talempong dan sekaligus silek galombang yang memukau ratusan tamu yang hadir.

Alunan musiknya mengikuti seluruh rangkaian acara penampilan silek dari 20 perguruan yang hadir sebagai tamu undangan.  Sanggar ini mendapat perhatian serius dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dimana  awal Tahun 2018 yg lalu mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebesar Rp 90 juta.
” Saya sudah lama membina generasi muda dalam melestarikan musik tradisi Minangkabau termasuk silek dan takkan pernah berhenti membinanya” ujar Roni Fernando yang juga sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Negeri Padang.

Berbagai penampilan musik Nusantara sudah dilakoninya seperti di Bangka Belitung dan Cirebon beberapa waktu yang lalu.

Sanggar ini juga dibina oleh Irwan Malin Basa seorang Tenaga Ahli Cagar Budaya yang sudah diakui Kemendikbud RI.

Roni Fernando juga dipercaya sebagai Ketua Harian Perkumpulan Musik Tradisi Nusantara yang akan tampil pada acara Festival Keraton Nusantara pada akhir bulan ini di Tanah Datar.Menurut keterangan, acara ini akan dihadiri 43 raja-raja Nusantara dan akan menampilkan berbagai atraksi seni tradisi.

” Semoga semua rangkaian acara Festival Keraton nanti berjalan dengan sukses,” ujar Roni Fernando pada media ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here