Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Sampah yang menggunung di bantaran kali Ciranjang dan kali Cibiuk tepatnya di pinggir jalan alternatif. Pabrik Jipang Kampung Cibogo, Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Akibat tumpukan sampah tersebut, selain terlihat kumuh juga mengeluarkan bau tak sedap.

Informasi yang dapat dihimpun, sampah yang menggunung di bantaran kali Ciranjang dan kali Cibiuk juga di pinggir jalan alternatif, Desa Mekargalih menuju Jalan raya Cianjur – Bandung, itu tiap hari mengeluarkan bau tak sedap. Hinggga lingkungan setempat terlihat kumuh. Karuan saja, hal itu sangat mengganggu ketentraman lingkungan sekitar.

Menurut keterangan, sampah rumahan yang menggunung itu, bukan buangan dari warga setempat. Melainkan buangan warga luar kampung. Karena warga setempat, sering melihat warga luar kampung yang membuang sampah di tempat tersebut. Sampah dilempar dari motor atau dari mobil dan wajahnya tidak dikenalinya.

“ Kalau warga setempat banyak kenal,” kata Kakek Ade (65) yang rumahnya, sekitar 50 meter dari tumpukan sampah, Kamis (15/7 /2021).

Ia meneruskan, lahan kosong yang dijadikan tempat pembuangan sampah itu, adalah tanah milik Nurpah (60) warga Kecamatan Sukaluyu. Namun sayang, lahannya tidak diusur. Dibiarkan begitu saja hingga dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum masyarat yang tidak bertanggung jawab. “ Hingga mengganggu warga dan pengguna jalan alternatif,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekargalih Taryat Dibrata mengatakan, memang benar sampah yang menumpuk di jalan alternatif Pabrik Jipang Kampung Cibogo, itu membuat jengkel warga stempat.

Karena selain bau tak sedap, juga membawa negatif bagi penduduk setempat dan pengguna jalan. Padahal upaya untuk membersihkan telah beberapa kali dilakukan pihak Desa Mekargalih dan Pihak Koramil Ciranjang.

Namun nyatanya, selang satu pekan sampah sudah menumpuk lagi ditempat tersebut. Hal itu terjadi karena di wilayah Desa Mekargalih belum memiliki Tempat Tembuangan Sampah (TPS) dan kurang sadarnya masyarakat akan kebersihan lingan.

“ Msks dengan adanya itu, diharapkan pada Pemkab Cianjur segera menambah armada untuk pengangkut sampah dan kedepannya akan mampu bekerja sama dengan masyarakat yang ada setiap desa, khususnya warga Desa Mekargalih,” ujar Taryat Dibrata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here