Sampah berserakan di pinggir Jalan Raya Cijoho Warungkondang

Laporan : Cece
Cianjur, metropuncaknews.com – Memprihatinkan. Sampah rumahan tiap harinya berceceran disetiap pojok pinggir jalan raya Sukabumi-Cianjur. Tepatnya di Kampung Cijoho Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Cianjur, Jawa Barat.
Tentu saja tumpukan sampah terbut selain merupakan pemandangan yang kusam, kumuh juga mengganggu penguna jalan raya. Karena setiap melewati tumpukan sampah, terhirup bau tak sedap.
Informasi yang dapat dihimpun, tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan raya tersebut bukannya buangan sampah dari warga Cijoho saja, tapi warga luar Kampung Cijoho pun banyak yang membuang sampah di tempat tersebut.
“ Hal itu sering diketahui warga setempat saat melaksanakan ronda malam,” ucap Jejen (51) warga Desa Jambudipa, pemilik warung makanan ringan yang berada di pinggir jalan raya.
Lebih lanjuy Jejen mengatakan, beberapa tumpukan sampah yang berada di pinggir Jalan Raya Warung Tilu, Cijoho dan kampung lainnya di Desa Jambudipa, itu kebanyakan buangan dari oknum warga luar. Caranya, dengan mengendarai motor, mobil sambil berangkat kerja atau ke pasar, mereka ini membuang sampah di tumpukan sampah yang ada di pinggit jalan. Tidak hanya itu saja, pihaknya juga sempat melihat ada mobil berplat merah yang membuang sampah di bahu jalan raya Kampung Cijoho.
Belum lama itu, tumpukan sampah tersebut, sempat dibuang Pemerintahan Desa Jamudipa bersama Sat Pol PP dengan menggunakan armada milik dinas kebersihan Cianjur. “ Hingga lokasi tersebut terlihat bersih dan ditempeli beberapa papan pengumuman dengan bertuliskan, Dilarang Membuang Sampah,” tambah Jejen.
Sementara itu, Kepala Desa Jamudipa, Asep Abdllah menambahkan, sampah yang menumpuk di pinggir jalan Cianjur-Sukabumi, tepatnya di Kampung Cijoho dan Warung Tilu, itu sebahagian besar buangan sampah luar warga Desa Jamudipa. Karena warga Desa Jamudipa telah memiliki tempat pembuangan sampah di setiap ke RW-an yang didanai dari dana bantuan RT. Selain itu telah dilakukan pembinaan tentang cara membuang dan mengelola sampah yang baik.
Belum lama ini, lanjut Asep, pihaknya telah membuang sampah yang menggunung di pinggir jalan raya. Pembuangan sampah itu dilakukan bekerja sama dengan, tokoh masyarakat, RT/RW dan dibantu pihak Dinas Kebersihan Kab Cianjur.
Namun sayang, tak tahan lama hanya baru saja satu pekan tumpukan sampah sudah menggunung kembali lebih besar dibanding sebelumnya. ” Rupanya sulit menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” jelas Asep dengan nada jengkel.

Sampah berserakan di pinggir jalan raya Cijoho Warungkondang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here