Poto bersama para peserta Deklarasi Bersama

Laporan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Bertempat di Aula Muryono Polda Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, dilaksanakan Deklarasi Bersama dalam rangka Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Di Provinsi Jawa Barat, Rabu (12/09).

Kegiatan Deklarasi Bersama tersebut, dihadiri Gubernur Jawa Barat H.M.Ridwan Kamil, ST, MUD, Kapolda Jabar Drs.Agung  Budi Maryoto, MSi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, SH, MTr(han), Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Ketua MUI Jabar, Para Ketua FKPT di wilayah hukum Polda Jabar, para Ketua Partai (20 partai) di Jabar, Kapolrestabes,  para Kapolres di wilayah Polda Jabar, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, para Ketua Ormas, LSM Jawa Barat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa bersama dipimpin Ketua MUI Jabar KH.Prof.Rahmat Syafei.LC, MA. Ketua KPU Jawa Barat  DR.Yayat Ruhiyat, dalam sambutanya mengatakan, pihaknya sangat senang akan adanya acara Deklarasi Bersama ini. Sekaligus pihaknya merasa malu. Karena harusnya KPU Jabar yang mengadakan acara ini. Tapi keduluan oleh Kapolda Jabar.

Menurut dia, sangat beralasan kalau Kapolda Jabar mendapat prestasi selama Pilkada Jabar. Karena Pilkada Jabar 2018 adalah proses yang paling aman dan nyaman. Sesuai laporan Sekretaris KPU Jabar dengan didukung keamanan dari Polda Jabar dan Kodam III /Siliwangi.

“ Demikian juga dalam Asian Games XVIII, Jabar sangat aman dan kondusif dimata dunia, makanya untuk kedua kali Ketua KPU Jabar meminta buktikan ke dunia bahwa pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 Jabar aman dan kondusif,” ujar Ketua KPU Jabar

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi mengatakan, menjelang Pileg dan Pilpres akan memanas. Karena itu,  semua aparat pemerintah, aparat hukum. tokoh masyarakat dan tokoh agama harus punya komitmen yang sama. Membangun kembali wilayah Jabar untuk menjaga Jabar aman dan kondusif. “ Kodam III/Siliwangi siap membantu dalam pengamanan pesta demokrasi nanti,” ujarnya menegaskan.

Sementara Kapolda Jabar Drs.Agung Budi Maryoto, MSI, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih pada Gubernur Jabar yang pertamakali menghadiri kegiatan undangan Polda Jabar. Juga ucapan terima kasih pada para undangan lainnya,

Alhamdulillah selama pelaksanaan  Pilkada Jabar 2018 berjalan aman dan kondusif. Partisipasi ini berkat bapak dan ibu sekalian yang hadir disini. Tidak ada satupun tetes darah selama pelaksanaan Pilkada jabar 2018. Ini semua tergantung dari sinergitas kita dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

Selanjutnya Kapolda Jabar mengajak semua pihak untuk sama-sama sinergi dan ciptakan Pileg dan Pilpres terus aman dan kondusif. “ Juga untuk para Kapolres yang hadir saya ucapkan terima kasih dan terus memaksimalkan pengamanan,” pungkas Kapolda Jabar

Sedangkan Gubernur Jawa Barat H.M Ridwan Kamil, ST, MUd, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pada Kapolda Jabar  yang pertama mengadakan Deklarasi Bersama. Juga apresiasi dengan semangat netralitas pada Pangdam III/Siliwangi. Indonesia menggunakan multi partai, semakin banyak partai maka akan semakin beragam.

Gubernur Jabar pun menyampaikan pesan KPK, Pileg dan Pilpres 2019 pengeluaran anggaran yang sangat besar. Karena itu harus terlaksana dengan baik dan akan berusaha memaksimalkan anggaran Pileg dan Pilpres nanti. Gubernur Jabar pun mengingatkan, syarat no 1 adalah menjaga stabilitas dan kondusifitas.

Acara dilanjutkan dengan penayangan testimoni mengenai persiapan dan pengamanan Pilkada jabar 2018. Dilanjutkan Pembacaan Deklarasi Bersama dipimpin Ketua KPU Jabar yang diikuti oleh para Ketua Partai di Jawa Barat, Ketua MUI Jabar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Perwakilan Mahasiswa, Tokoh Ormas dan LSM Jabar. Acara diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Bersama Pileg dan Pilpres 2019 Yang Aman, Damai dan.Kondusif di Jawa Barat serta foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here