Pawai Taaruf mengawali kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Desa Kertamukti

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Pemerintahan Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi Cianjur Jawa Barat, gelar berbagai perlombaan. Seperti diantaranya, olah raga, kesenian tradisional, qasidah dan MTQ.Kegiatan tersebut diawali dengan pawai taaruf sejauh 2 Km  yang diikuti seluruh masyarakat, santri dan santriwati yang datang seluruh RT dan RW yang ada di Desa Kertamukti, Minggu (12/8) kemarin. .

Kegiatan yang digelar pihak desa tersebut, mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terbukti, saat pelaksanaan pawai taaruf, pesertanya membludak. Bahkan tiap RT mengirimkan berbagai kreasi seni budaya dan seni keagamaan. Hingga acara terlaksana dengan meriah.

Kepala Desa Kertamukti, Cepi Agustina menjelaskan, berbagai kegiatan lomba kesenian  tradisonal, olahraga,  lomba qasidah dan MTQ, itu merupakan program rutin yang setiap tahun dilaksanakan menjelang upacara 17 Agustus. Kegiatannya dilaksanakan di lapang sepak bola Kampung Buniayu Desa Kertamukti.

Sebelum dilaksanakan berbagai perlombaan, tiap peserta lomba dari tiap RT diwajibkan mengikuti karnaval, pawai taaruf sejauh 2 Km. Adapun start dan finis di depan Kantor Desa Kertamukti.

Acara pawai taaruf terlihat semarak dan meriah. Karena setiap kontingan disertai barisan kreasi seni budaya daerah menampilkan kreasinya. Hingga tak jarang membuat gelak ketawa para penonton di sepanjang jalan yang dilalui pawai taaruf.

Menurut keterangan, seluruh kegiatan tersebut, didukung berbagai pihak. Diantaranya, pihak Muspika Haurwangi, MUI Kec dan MUI Desa, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna dan tokoh masyarakat Desa Kertamukti.

Selain itu, pada acara puncak tepatnya malam setelah upacara 17 Agustus 2018 akan diselenggarakan gebyar marawis, hadroh, tagoni, dengan dengan seribu personil santri dan santriawati dari berbagai pengajian yang ada di Desa Kertamukti. “ Kami berharap, seluruh kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman sea tak ada kendala apa pun,” ucap Cepi Agustina.

Sementata itu, salah seorang anggota LPM Desa Kertamukti Arom Maksudi menambahkan, kegiatan berbagai lomba menjelang upacara peringatan  HUT Kemerdekaan RI itu merupakan agenda rutin selama Cepi Agustina terpilih menjadi Kepala Desa.

Kegiatan berbagai lomba tersebut, diapresiari seluruh warga desa setempat. Termasuk MUI, para ustad dari setiap majlis talim, Ketua RT/RW, pemuda karang taruna dan masyarakat setempat. Karena seluruh kegiatan megandung nilai-nilai perjuangan.

Nampak, rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan terpancar dari setiap warga. “ Masyarakat sangat menjungjun tinggi nilai-nilai perjuangan para leluhur kita yang telah merebut kemerdekaan RI dari tangah penjajah,” kata Arom Maksudi pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here